Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami

Authors

  • Desi Susanti SD Negeri 156 Seluma

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Kepribadian Muslim, Pendidikan Agama Islam, Peserta didik

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan pendidikan agama Islam pada sebagai upaya pembentukan kepribadian muslim peserta didik yang islami. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan interdisipliner, antara lain: pendekatan manajeman, pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa data profil sekolah, teori tentang konsep strategi pembelajaran, teori pendidikan agama Islam, dan teori pembentukan kepribadian muslim. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian muslim peserta didik menggunakan dua strategi pembelajaran, yaitu pembelajaran langsung dan pembelajaran tidak langsung.

References

Ahmadi, Abu, dan Salimi, Noor. Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Al-Banjari, Rahmat Ramadhana. Membaca Kepribadian Muslim seperti Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press, 2008.

Al-Nahdlawi, Abdurrahman. Ushul al-Tarbiyah Al-Islamiyah wa Asalibuha fi al-Bayt wa al-Madrasah wa Al-Mujtam’ diterjemahkan oleh Shibabuddin dengan judul “Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat”. Cet. II; Jakarta: Gema Insani Press, 1995

Alwisol. Psikologi Kepribadian. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang, 2007.

Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

. Psikologi Dakwah. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Basrowi, dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Darajat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1996.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Pustaka Assalam, 2010.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. XI; Jakarta: Balai Pustaka, 2010.

Depdiknas, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan dan Kebudayaan, 2003.

Djamarah, Syaiful Bahri, (et.al.). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain, Azwan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta: 2008.

Enoch, M. Anak, Keluarga dan Masyarakat. Cet. III; Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1991.

Gazalba, Sidi. Pendidikan Umat Islam. Cet. IV; Jakarta: Rajawali Pers, 1994.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2002.

Hartati, Nety. Islam dan Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Hidayat, Dede Rahmat. Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2011.

Ihsan, Hamdani, dan Ihsan, Fuad. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. II revisi; Bandung: Pustaka Setia, 2001.

Jalaluddin, dan Idi, Abdullah. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2007.

Jalaluddin, dan Said, Usman. Filasafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan Pemikirannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1994.

Jalaluddin. Psikologi Agama. Cet. I; Jakarta: Grafindo Persada, 1996.

Khobir, Abdul. Filsafat Pendidikan Islam. Pekalongan STAIN Pekalongan Press, 2007. Lubis, Mawardi. Evaluasi Pendidikan Nilai. Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Majid, Abdul, dan Andayani, Dian. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Malik, M. Abduh, dkk. Pengembangan Kepribadian Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Departemen Agama, 2009.

Marimba, Ahmad D. PengantarFilsafatPendidikan Islam. Bandung: Al Ma’arif, 1962.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2003.

Mudhafir, Fadhlan. Krisis dalam Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2000.

Mujib, Abdul. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Mustahu. Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan. Yogyakarta: S.I. Press, 2004.

Nizar, Samsul. Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.

Ondeng, Syarifuddin. Islam dalam Berbagai Dimensi; Kajian tentang Agama, Sejarah dan Pendidikan. Cet. I; Makassar: Berkah Utami, 2004.

Prawita, Purwa Atmaja. Psikologi Kepribadian dengan Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2007.

Raharjo, Paulus Budi. Mengenal Teori Kepribadian Mutakhir (Yogyakarta: Kanisius, 1997.

Ramayulis, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Rasyid, Harun. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama. Pontianak: STAIN Pontianak, 2000.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2003.

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Cet. I; Jakarta: Kencana, 2008.

. Strategi Pembelajaan Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. IV; Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional, and Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2009.

Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.

Suprayogo Imam, dan Tobroni. Metode Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Surachman, Wiranto. Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: CV. Jenmarsit, t.th..

Tafsir, Ahmad, dkk. Cakrawala pemikiran pendidikan Islam. Bandung: Mimbar Pustaka, 2004.

Tim Pakar Yayasan Jati Diri Bangsa, Pendidikan Karakter di Sekolah: Dari Gagasan ke Tindakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2011.

Tohirin. Psikologi Pembelajaran PAI. Jakarta: PT RajaGrafindo Pesada, 2005.

Usman, Husaini, dan Akbar, Purnomo Setiadi. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jogjakarta: Media Wacana Press, 2003.

Zuhairini, dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Downloads

Published

2022-12-25

Issue

Section

Articles