Pentingnya Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Sejak Usia Dini Di Era Digital

Authors

  • Ana Kamriana SMP Negeri 11 Mukomuko

Keywords:

Pendidikan Karakter, Anak-Anak, Digital

Abstract

Pendidikan karakter yaitu usaha dalam menerapkan nilai-nilai agama, moral, etika pada peserta didik melalui ilmu pengetahuan, dibantu oleh orang tua sebagai madrasah pertama, guru, serta masyarakat. Hal ini sangat penting dalam pembentukan dan perkembangan karakter anak didik. Setiap anak memiliki potensi yang baik sejak lahir, namun potensi tersebut harus terus diasah dan disosialisasikan dengan baik agar karakter setiap anak terbentuk dan berkembang secara maksimal. Di era serba digital ini juga anak dengan mudahnya menggunakan media digital. Zaman digital yang bukan hanya memiliki dampak positif, namun juga dampak negative pun menjadi tugas sendiri bagi pendidik, orang tua dan masyrakat dewasa dalam membimbing dan memantau perkembangan perlakuan anak terhadap media digital, sehingga anak mampu menggunakan media digitalnya sesuai dengan manfaat positif untuk dirinya dan hidupnya.

References

Daryanto, Darmiatun Suryatri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. (Gava Media: Yogyakarta), 68.

Departemen Agama RI. 2000. Al-Qur‟an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Intermasa. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dini Palupi Putri. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2, (1), 38-48.

Elmubarok, Z. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

https://accurate.id/teknologi/era-digital/By |January18th, 2022|Categories: Teknologi| Tags: accurate online, teknologi

https://www.kompasiana.com/dwi69862/60f90b8a1525100e79704022/krisis-pendidikan-karakter-di-indonesia

Lickonna.T. (1992).Education for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Muhammad Amran, Erma Suryani Suhabuddin, Muslimin. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Makasar: Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy Makasar, 255.

Salman Hasibuan. (2015). Budaya Media dan Partisipasi Anak di Era digital, Proceeding of International Post-Graduate Conference. Surabaya: Prodi S2 Komunikasi Universitas AIRLANGGA Surabaya, 833.

Samani, M & Hariyanto.(2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukiman, dkk. (2016). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Downloads

Published

2022-12-25

Issue

Section

Articles