Efektivitas Metode Belajar Iqra’ Terhadap Kemampuan Membaca Alqur’an Siswa SMP Negeri 41 Kabupaten Tebo
Keywords:
Metode belajar iqra’, membaca Alqur’anAbstract
Setiap muslim laki-laki dan perempuan seharusnya mampu membaca Alqur’an dengan baik dan benar seperti tajwid dan makharijul huruf . Namun arus globalisasi tidak hanya memberi dampak positif terhadap peserta didik namun juga memberi dampak negatif salah satunya yaitu rendahnya kemampuan belajar siswa untuk membaca Alqur’an. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas belajar iqra’ terhadap kemampuan membaca Alqur’an siswa SMP Negeri 41 kabupaten Tebo. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Alat pengumpul datanya berupa wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data dan menganalisisnya bagaimana efektifitas metode belajar iqra’ terhadap kemampuan membaca Alqur’an siswa SMP Negeri 41 kabupaten Tebo. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 41 kabupaten Tebo banyak yang belum mampu membaca Alqur’an dengan lancar, besar harapan dengan metode iqra’ kemampuan membaca Alqur’an siswa SMP Negeri 41 Kabupaten Tebo sebagian besar bisa baik dan lancar.
References
Munir Ahmad & Sudarsono, 1994, Ilmu Tajwid dan Seni Baca al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta.
Darajad, Zakiah. 1993. Ilmu jiwa agama. Jakarta: bulan bintang.
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Mentri Agama RI. 1991. Buku Iqro Cara Cepat Belajar Membaca Al- Quran. Jakarta: Departemen Agama Pusat
Husnan, Djaelan, dkk, 2009. Islam Integral Membangun Kepribadian Islami (Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ulhusna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.