Peningkatan Keterampilan Wudhu Dan Tayamum Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Kepahiang Tahun Pelajaran 2022/2023
Keywords:
Pembelajaran Wudhu dan Tayamum Menggunakan Metode DemonstrasiAbstract
Kajiannya dilatar belakangi karena banyak siswa kelas IV yang belum bisa melaksanakan wudhu dan tayamum dengan baik dan benar. Hal ini terlihat dari perolehan nilai praktek yang belum mencapai KKM. Dari 9 siswa dikelas IV hanya 5 siswa atau 53% yang tuntas KKM, berarti masih ada 4 siswa yang belum tuntas pada materi wudhu. Sedangkan dalam materi tayamum dari 9 siswa hanya 4 siswa atau 33% yang tuntas kkm dalam melaksanakan praktek tayamum berarti masih ada 5 siswa yang belum tuntas KKM. Peneliti berupaya keras untuk melakuka perbaikan dalam pembelajaran wudhu dan tayamum melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi melalui dua siklus. Hasil penelitian perbaikan pembelajaran mengalami peningkatan pada materi wudhu dari pembelajaran awal 53% meningkat menjadi 68% disiklus I dan meningkat menjadi 98% pada siklus II. Sedangkan pada materi tayamum mengalami peningkatan dari pembelajaran awal 33% menjadi 68% disiklus I dan meningkat menjadi 98% pada siklus II. Dengan demikian perbaikan pembelajaran PAI pada materi wudhu dan tayamum menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melaksanakan wudhu dan tayamum. Sehingga peneliti memutuskan untuk mengakhiri Penelitian Tindakan Kelas hanya sampai pada siklus II saja.
References
Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers Darajat, Zakiyah. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: CV.Pustaka Agung Harapan
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif Teori dan Praktik Dalam Pengembangan Profesionalisme Bagi Guru. Jakarta: AV Publisher
Fuad Efendi, Ahmad. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat Hadi, Amirul. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Jamra, Syaiful Bahri dkk. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta. 2000
Muhtadi Ansor, Ahmad. (2009). Pengajaran Bahasa Arab Media, dan Metode-metodenya. Yogyakarta: Teras. Nuha, Ulin. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press
Nurjamal, Daeng. (2011).Terampil berbahasa. Bandung: Alfabeta. Rasjid, Sulaiman. (2018). Fiqh Islam. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Rostiyah, NK. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Desi Susianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.