Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kepahiang

Authors

  • Dessi SD Negeri 02 Kepahiang

Keywords:

Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an, Peran Guru PAI

Abstract

Peran guru Pendidikan Agama Islam adalah memberikan pengajaran Al-Qur’an terhadap siswa dengan menentukan materi yang ingin di sampaikan, menentukan motode yang ingin digunakan, memberikan tugas kepada siswa, memberikan dorongan kepada siswa agar bersungguh-sungguh, dan memberikan nasehat kepada siswa. Peran guru pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing bagi peserta didik. Kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an adalah kesanggupan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an dengan baik, lancar dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid serta memahami kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, yakni mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Hal ini guna menggali informasi yang akan menjadi dasar dari rancangan teori yang muncul. Data diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Peran Guru PAI dalam meningkatkan Baca Tulis Al- Qur’an Siswa Kelas V di SD Negeri 02 Kepahiang dapat dikategorikan baik. Hal ini dilihat dari peran guru PAI di SD Negeri 02 Kepahiang, guru sebagai motivator, pengajar, dan pendidik dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode hafalan, tutor sebaya, face to face, demonstrasi, dan metode imla’. Salah satu faktor pendukung dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yaitu adanya kesadaran diri dari siswa-siswi akan pentingnya Baca Tulis Al-Qur’an. Kemudian, salah satu faktor penghambat dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yaitu terbatasnya waktu belajar disekolah.

References

Alek, Ahmad, H. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi Subtansi Kajian dan Penerapannya, Jakarta: Erlangga, 2016.

B. Uno, Hamzah, Nina Lamatenggo. Tugas Guru dalam Pembelajaraan Aspek yang Memengaruhi, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.

Dalman, Keterampilan Membaca, Jakarta: Rajawali Press, 2014.

Daradjat, Zakiah, Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. Jakarta: Ruhama, 1995.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2011. Mursidin, profesionalisme Guru Menurut Al-Qur’an, Hadist dan Ahli

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama, 2011.

Fauzan, Ahmad Hasyim. Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an, Jurnal Ar-Risalah, Vol. XIII, No. 1, 2015.

Fauzi, Fadil Yudia dkk. “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik”, Jurnal PPKN UJN Online, Vol. 1, No. 2, 2013.

Gafur, Abdul, Kajian Metode Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an Dalam Perspektif Multiple Intelligences, Jurnal Madrasah, Vol. 5, No. 1, 2012.

Kirom, Askhabul “Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural”. Jurnal Al-Murrabi, Vol. 3, No. 1, 2017

Kusuma, Yuanda. Model-Model Perkembangan Pembelajara BTQ di TPQ/TPA di Indonedia, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 15, No. 1.

Ma’mun, Muhammad Aman. Kajian Pembelajaraan baca tulis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4

Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Pendidikan Islam. Jakarta: Sedaun Anggota IKAPI, 2011.

Santoso, Subhan Adi. Implementasi Metode Iqra’ Dan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Al-falah Modung Bangkalan, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1, 2018.

Saputra, Edi, “Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia”, Jurnal Al-Irsyad, Vol. IV, No. 1, 2014.

Silitonga, Yoice. dkk. “Analisa Perbandingan Kualitas Belajar-Mengajar Antara Metode Face to Face dan Video Conference”, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 4, No. 2, 2012.

Solehudin, Much, Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spritiual (SQ) Siswa SMK Komputama Majenang, Jurnal Tawadhu, Vol. 1, No. 3, 2018.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Tim Prima Pena, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gitamedia Press, t.t.

Downloads

Published

2022-12-25

Issue

Section

Articles