Tingkat Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Di SD Kecamatan Kerkap Bengkulu Utara

Authors

  • Susanti Afriani SD Kecamatan Kerkap Bengkulu Utara

Keywords:

Tingkat Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah Tingkat Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam di SD Kecamatan Kerkap Bengkulu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keteladanan guru pendidikan agama Islam Di SD Kecamatan Kerkap Bengkulu Utara. Pendidik adalah teladan bagi peserta didik. Peserta didik sering kali meniru apa yang dia lihat dan apa yang dia dengarkan dari seorang pendidik. Oleh karena itu, guru diharapakan dapat menampilkan perilaku yang baik yang dapat dijadikan contoh panutan dan keteladanan bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai teladan, tentu saja pribadi dan apa yang dilakukan guru akan mendapatkan sorotan peserta didik serta orang sekitar lingkungannya yang menganggap atau mengakui sebagai guru. Seseorang bisa dikatakan teladan dalam segi kepribadaian guru adalah dilihat dari segi: bagaimana bertutur kata, bagaiman berpenampilan sehari-hari, bagaimana memetuhi peraturan dan moral kehidupan, bagaimana dalam bekerja dan semangat hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah meteode pendekatan deskriftif kualitatif dengan objek penelitian adalah guru agama dan beberapa siswa yang tidak ditentukan jumlahnya. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan metode wawancara berstruktur, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Tingkat Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Di SD Kecamatan Kerkap Bengkulu Utara sudah cukup baik menjadi guru teladan, namun belum benar-benar teladan yang patut digugu artinya ditaati karena cara bertutur katanya sudah lumayan baik dan sopan, cara berpakainannya sudah lumayan rapi, cara berpenampilannya menarik tidak berlebihan, cara berkomunikasinnya biasa-biasa saja, sudah disiplin waktu dan menegakkan aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah dan jujur dalam berbicara kepada siswa.

References

Andini T. Nirmala dan Aditya A, Pratama, 2003, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Prima Media

An-Nahwali, Abdurrahman, 1989, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung: Diponogoro.

Asmani, jamal Ma’mur, 2011. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Jogyakarta: DIVA Press.

E, Mulyasa, 2009, Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kunanadar, 2010, Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikat Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Moch. Uzer Usman, 2005, Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, 2005, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nashih Ulwan, Abdullah, 1992, Pendidikan Anak Menurut Islam Kaidah-Kaidah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Paraba, Hadirja. 2003, Wawasan Tugas Tenaga Guru dan Pembinaan Agama Islam. Jakarta: Friska Agung Insane.

Sudjana Nana, 1998, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Alge Sindo.

Syaiful Bahri Djmarah, 2005, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rieneka Cipta.

Tafsir, Ahmad, 2000, Ilmu Pendidikan Dalam Persepektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Serta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS (Bandung: Citra Umbara, 2006)

Downloads

Published

2022-12-26

Issue

Section

Articles