Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Perilaku Religius Siswa Di SD Negeri 221 Bengkulu Utara
Keywords:
Pendidikan, Nilai-nilai Religius, Guru.Abstract
Pendidikan merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Pendidikan atau kegiatan mendidik itu dalam bahasa yang lebih filosofis dapat dirumuskan sebagai kegiatan mengembangkan segala kemampuan dasar atau bawaan (potensi) pedidik yang mencakup kemampuan dasar jasmaniah dan rohaniah. Guru di sekolah mempunyai peran penting dalam menanamkan nilai-nilai religius serta menjadi teladan bagi siswanya. Pendidikan di sekolah terutama pendidikan agama berperan besar dalam pembentukan religiusitas seseorang. Pengalaman-pengalaman agama yang diperoleh di sekolah berdampak cukup besar dalam praktek keagamaan seseorang di dalam kehidupan sehari-hari.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asrori, Achmad. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Bandar Lampung: Fakta Press.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Jalaluddin. 2010. Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdin, Muhamad. 2008. Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tri, Mulyaningsih. 2017. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Religiusitas Siswa (Studi Kasus di SD Giripurwo Purwosari Gunungkidul). Program Magister S2 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Umi Nafi’ah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.