Pengaruh Bimbingan Dan Konseling Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa

Authors

  • Supendi SDN 216 Bengkulu Utara

Keywords:

Penelitian Kuantitatif, Pembentukan akhlak siswa, Bimbingan dan Konseling Agama Islam.

Abstract

Pengaruh Bimbingan dan Konseling Agama Islam Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa SDN 216 Bengkulu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara bimbingan dan konseling Agama Islam terhadap pembentukan akhlak siswa. SDN 216 Bengkulu Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel yang diteliti berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan pilihan berganda. Sedangkan teknik korelasi yang digunakan adalah product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara bimbingan dan konseling terhadap pembentukan akhlak siswa. Dengan demikian terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara bimbingan dan konseling agama Islam terhadap pembentukan akhlak siswa. Bimbingan konseling cukup memberikan kontribusi dalam pembentukan akhlak siswa.

References

A. Ridwan, “Peran Guru Agama dalam Bimbingan Konseling,” J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. Volume 4 N, no. December, pp. 1– 13, 2017, doi: 10.5281/zenodo.3550506.

A. Said Hasan Basri, “Peran Media dalam Layanan Bimbingan,” J. Dakwah, vol. XI, no. 1, pp. 23–41, 2010.

Abu Bakar Jabir Al-Jaziri, Minhaj al-Muslim, (Madinah : Dar Umar Ibn Khattab, 1976)

Al-Qurthubi, Tafsir Al-Qurthubi, Juz VIII, (Kairo : Dar al-Sya’bi, 1913 M)

Aminuddin, Membangun Karakter Dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006)

Arifin Zainal Isep, 2009). “Bimbingan Penyuluhan Islam-Pengembangan Dakwah Melalui Psikoterapi Islam”, PT; Rajagrafindo Persada, Jakarta, 2009

Erhamwilda” Konseling Islam”Graha Ilmu, Edisi Pertama, 2009

H. Kamaluddin, “Bimbingan dan Konseling Sekolah,” J. Pendidik. Dan Kebud., vol. 17, no. 4, p. 447, 2011, doi: 10.24832/jpnk.v17i4.40

Ibn Miskawaih, Tahdzib al-Akhlak Fii al-Tarbiyah, (Beirut : Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1985), h. 25.

Imam al-Ghazali, Ihya’ Ulum al-Din, Juz III (Mesir : Isa Bab al-Halaby, tt.)

L. Kursila, “Pengaruh Bimbingan dan Konseling terhadap Pembentukan Akhlak Sesama Siswa SMPI Ruhama Cirendeu Ciputat,”Institutional Repos.UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018.

M. Mayhur Amin, dkk. Aqidah dan Akhlak, (Yogyakarta : Kota Kembang, 1996), Cet. Ke-3

Muhammad Ibn ‘Ilan al-Sadiqi, Dalil Al-Falihin, Juz III, (Mesir : Mustafa al-Bab alHalaby, 1971)

N. Gustini, “Bimbingan dan Konseling Melalui Pengembangan Akhlak Mulia Siswa Berbasis Pemikiran Al-Ghazali,” Tadris JKegur. dan Ilmu Tarb., vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2016, [Online]. Available: www.unissula.ac.id.

Syamsu Yusuf dan A. Juntika Nurihsan, Landasan Bimbingan & Konseling, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006)

Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Balai Pustaka, 2007.

Yayasan Penyelenggara Penterjamah/Tafsir Al-Qur’an, Al-qur’an dan Terjamahnya (Jakarta, 1971)

Zahruddin AR. Dan Hasanuddin Sinaga., Pengantar Studi Akhlak.

Downloads

Published

2022-12-26

Issue

Section

Articles