Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pai Materi Tata Cara Wudhu dengan Penerapan Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 1 Ratna Katon Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah

Authors

  • Supihat SDN 1 Ratna Katon, Seputih Raman Lam-Teng

Keywords:

Hasil Belajar, Wudhu, Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) . Dengan subyek penelitian kelas IV yang berjumlah 12 orang siswa. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Ratna Katon Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah dengan jumlah Siswa laki-laki 8 orang dan 4 orang siswa perempuan, Dengan menggunakan instrumen berupa tes evaluasi hasil belajar. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus dengan tiap siklus melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajara, memberi umpan balik serta memotifasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan penerapan metode demonstrasi terjadi peningkatan hasil belajar siswa , yaitu dari hasil belajar pra tindakan ke siklus III mengalami peningkatan. Hasil penelitian pratindakan banyak siswa yang mendapat nilai tuntas ada 3 siswa (20,00%) nilai tidak tuntas pada pra siklus 9 siswa (80,00%), Pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas ada 7 siswa (43,25%) dan nilai tidak tuntas pada siklus I adalah 5 siswa ( 56,75%), Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 9 siswa (63, 75%). dan nilai tidak tuntas pada siklus II yaitu 3 siswa (36,21%), sedangkan pada siklus ke III terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 12 siswa (100%). Disimpulkan bahwa Metode Demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

References

Arif Armai, 2002, Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers)

Arikunto Suharsimi dkk, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, ( Jakarta: Bumi Aksara)

Hamalik Oemar, 2006, Proses Belajar Mengajar. ( Bandung: Bumi Aksara)

Rusman, 2012, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. (‎Bandung: ALFABETA‎)

Sabri Alifus, 2007, Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional IAIN Fakultas Tarbiyah, ( Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya)

Saminanto, 2010, Ayo Parktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas), (Semarang : RaSAIL Media Grup)

Usman Basyirudin, dkk, 2002, Media Pembelajaran, (Jakarta: Delia cipta Utama)

Yamin Martinis, 2007, Profesionalisasi Guru Dan Implementasi KTSP, (Jakarta: Gaung Persada Press)

Yatim, 2006. Pengembangan Kurikulum dan Seputar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), IKAPI : Universiti Press.‎

Zuhaerini, 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. (Surabaya : Usaha Nasional)‎

Downloads

Published

2021-11-27

Issue

Section

Articles