Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Kurikulum 2013 (K-13) Di SMP Negeri 1 Kepahiang
Keywords:
Guru PAI, Kurikulum 2013Abstract
Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai suatu rencana atau program, kurikulum tidak akan bermakna manakala tidak diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran. Demikian Juga sebaliknya, tanpa kurikulum yang jelas sebagai acuan, maka pembelajaran tidakakan berlangsung secara efektif. Pelaksanaan Kurikulum 2013 menuntut kemampuan guru dalam penguasaan konsep esensial dan kemampuan pedagogik guru. Guru berperan besar di dalam mengimplementasikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru kedepannya dituntut tidak hanya cerdas tetapi juga adaptif terhadap perubahan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kepahiang dan Untuk mengetahui problematika yang dialami oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi kurikulum 2013 di SMPN 1 Kepahiang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif. Yaitu untuk mengidentifikasi kesulitan guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan kurikulum 2013 (K-13) di SMP Negeri 1 Kepahiang. Pelaksanaan Kurikulum 2013 oleh guru PAI di SMPN 1 Kepahiang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Dalam kegiatan implementasi Kurikulum 2013, guru PAI menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dan penilaian otentik. Implementasi tersebut dapat berjalan dengan baik meskipun belum sepenuhnya maksimal. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah Kesulitan guru PAI dalam penerapan kurikulum 2013 di SMPN 1 Kepahiang meliputi beberapa hal seperti: 1) kesulitan dalam menganalisis KI-KD, 2) kesulitan dalam menentukan langkah-langkah pembelajaran, 3) kesulitan dalam menentukan dan menggunakan sumber belajar, ) kesulitan dalam menyiapkan siswa secara fisik dan psikis, 5) Kesulitan dalam Menerapkan Prinsip Penilaian yang Sesuai dengan Kurikulum 2013, 6) Kesulitan dalam Menentukan Acuan Patokan dan Ketuntasan Belajar, 7) Kesulitan dalam Menerapkan Teknik Penilaian dan Instrumennya, 8) Kesulitan dalam Menerapkan Karakteristik Penilaian Kurikulum 2013, dan 9) Kesulitan dalam Pelaporan Hasil Pembelajaran.
References
Daryanto dan Sudjendro Herry, Siap menyongsong kurikulum 2013, Gava Media, Yogyakarta, 2014
Deni Damayanti, Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Araska, 2014
Desy Anwar. Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia, 2003
E. Mulyasa , Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009
Fadlillah, Implementasi kurikulum 2013 (Dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA), Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2014
Imam Wahyudi, 2012, Pengembangan Pendidikan Strategi Inovatif dan Kreatif dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif, Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Raya, 2012
Imas Kurniasih dan Berlin sani, Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013, Kata Pena, Surabaya, 2014
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rosda, 2010
Mardalis, Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Marno dan Idris, Strategi dan Metode Pengajaran, Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2010
Mida Latifatul Muzamiroh, Kupas Tuntas Kurikulum 2013 (kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013), Jakarta: Kata Pena, 2013
Mida Latifatul Muzamiroh, Kupas Tuntas Kurikulum 2013(Kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013), Jakarta: Kata Pena, 2013
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004
Muhammad Ali ,diakses dari www/http. labels Iptek pendidikan ciri-ciri kurikulum 2013. html,
Muhammad Nurdin, Kiat menjadi guru profesional, Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2008
Musaheri, Pengantar Pendidikan, Jogjakarta: IRCiSod, 2007
Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Suryosubroto, Proses belajar mengajar di sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hamdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.