Efektivitas Model Pembelajaran Reading Alound Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa
Keywords:
Strategi, Membaca Nyaring, Meningkatkan Membaca Al-Qur’anAbstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh cara pembelajaran Al-Qur'an di kelas IV a SDN 02 Kepahiang. Hanya dijelaskan bahwa tidak banyak melibatkan aktivitas siswa dan mereka hanya menghafal dan mencatat setiap informasi dari guru. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, mengamati dan merefleksi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu merencanakan/mempersiapkan tindakan, melaksanakan tindakan, mengamati dan merefleksi. siklus dengan skor rata-rata 67, data siklus I dengan skor 72, data siklus II dengan perolehan skor rata-rata 80. Sedangkan dari persentase ketuntasan pada pra siklus tingkat ketuntasan ada 10 siswa atau 38% menjadi 18 siswa atau 69% pada siklus I, naik lagi pada siklus II menjadi 25 siswa atau 96%. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan siswa dalam pembelajaran yaitu dimana pada pra siklus terdapat 11 siswa atau 58%, meningkat menjadi 21 siswa atau 81% pada siklus I dan pada siklus II telah mencapai 25 siswa atau 97%.
References
Abdurrahman, Mulyana, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rinneka Cipta, 1999
Al-Qur’an, Surat Ar-Rad ayat 28, Yayasan Penyelenggara Penerjemah PenafsiranAl-Qur’an,
Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama, 1989
Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008
------------, Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004
Bahreisj, Hussein, Hadits Shahih Bukhori Muslim, Surabaya: CV. Karya Utama,t.th Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 2000
Departemen Pendidikan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Penelitian Tindakan Kelas, Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005 Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Jakarta: PT. Ichtiar BaruVan Hoeve, 2002
Djamarah, Syaiful Bahri, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Echolas, John M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggeris – Indonesia An English-Indonesion Dictionary, Jakarta: Gramedia, 1992
Gulo, W., Model Belajar Mengajar, Jakarta: PT Grasindo, 2002
Hasibuan, J.J., Ibrahim, A.J.E. Toenlioe, Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994
Hernowo, Quantum Reading, Cara Cepat Bermanfaat Untuk MerangsangMunculnya Potensi Membaca, Bandung: Mizan Learning Centre, 2003
Ismail SM, Model Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan, Semarang: RaSAIL Media Group, 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lepi Ariza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.