Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 05 Tebat Karai

Authors

  • Susilawati SDN 05 Tebat Karai

Keywords:

Evaluasi Pendidikan, Pendidikan Islam

Abstract

Penilaian adalah bagian yang sangat penting dalam pembelajaran dan pengajaran. Jika pembelajaran mempunyai peran yang penting dalam mengembangakan spiritual siswa, maka fungsi evaluasi sebagai penyedia informasi untuk menialai kesuksesan belajar sangat dibutuhkan. Tanpa adanya kegiatan evaluasi, tidak akan ditemukan informasi tentang baik buruknya kegiatan belajar mengajar yang sudah diterapkan. Dalam beberapa aturan, etika dan perbuatan tidak bisa diabaikan dalam evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan (1) Rencana evaluasi belajar dalam Pendidikan Agama Islam di SDN 05 Tebat karai. (2) Penerapan evaluasi belajar pada materi Pendidikan Agama Islam kelas enam SDN 05 Tebat karai. (3) Hasil dari evaluasi pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam pada kelas enam SDN 05 Tebat karai dan feedback yang didapat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan metode induktif. Data akan dianalisa menggunakan metode desktiptif kualitatif. Proses pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya tahap perencanaan telah dirumuskan dalah tahapan evaluasi. Secara umum pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran PAI di SDN 05 Tebat karai bisa dinyatakan tidak baik walaupun pelaksanannya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip evaluasi pendidikan, seperti: prinsip berkesinambungan, menyeluruh dan objektif dan alat ukur yang dipergunakan valid dan reliabel yakni dapat mengukur sesuai dengan apa yang mau diukur dan hasil yang diperoleh dapat dipercaya. akan tetapi dalam pelaksanaanya tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

References

Achmadi, 2005. Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arief, Armai, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.

Arifin, Zainal, 1991. Evaluasi Intruksional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

, 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

_____, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiyah, et.al., 2000. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. 4, Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, 2002. Evaluasi Pendidikan, Cet. 2, Jakarta: PT Rineka Cipta. Depag RI, 1989. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: PT Toha

Putra, 1989.

Depdiknas RI, 2006. Standar Nasional Pendidikan (PP RI No. 19 Tahun 2005), Jakarta: Sinar Grafika.

_____, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi.

_ , 2007. Model Silabus Mata Pelajaran Penddidikan Agama Islam SMP/MTs, Jakarta: BSNHLM.

, 2006. Penduan Menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNHLM.

Dimyati dan Mudjiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Echols, John M., dan Hasan Shadily, 1996. Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia.

Hamalik, Oemar, 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, Asep dan Abdul Haris, 2008. Evaluasi Pembelajaran, Cet 2, Yogyakarta: Multi Pressindo.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004), Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J., 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Ct 21, Bandung: Remaja RosdaKarya.

Downloads

Published

2021-11-27

Issue

Section

Articles