Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru PAI Di Kabupaten Seluma
Keywords:
Guru, Kompetensi, Profesionalisme, Pendidikan Agama IslamAbstract
Pengembangan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di wilayah Kota Tais dilatarbelakangi oleh kompetensi guru Pendidikan Agama Islam mengalami kemunduran dari beberapa indikator profesionalisme. Artikel ini mengajukan temuan, yang didasarkan pada teknik pengumpulan data kualitatif yang dideskripsikan melalui analisis dekriptif, bahwa pengembangan kompetensi profesionalisme guru di Kota Tais belum sepenuhnya mengalami perkembangan. Langkah-langkah pengembangan kompetensi profesionalisme guru adalah melalui belajar mandiri, mengikuti pelatihan individu, diskusi dan rapat dewan guru, melakukan penguatan melalui kegiatan Kerja Kelompok Guru, serta melakukan pusat kegiatan guru pada tingkat kecamatan. Lebih jauh ditemukan bahwa kendala utama pengembangan kompetensi profesionalisme guru adalah pelatihan guru berjalan di tempat, kurangnya alokasi dana peningkatan guru, terjadinya penurunan motivasi, dan kurangnya penguasaan informasi dan teknologi.
References
Ali, Mohamad. Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru, 1998. Daradjat, Zakiyah. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Cet. 2. Jakarta: Ruhama,1995.
Kunandar. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007.
Ma’arif, Syamsul. Guru Profesional Harapan dan Kenyataan. Semarang: Need’s Press, 2011. Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Mulyasa. Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif: Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Ni’am, Asrorun. Membangun Profesionalitas Guru. Jakarta: eLSAS, 2006.
Novan Ardi Wiyani, Barnawi. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012. Roestiyah. Masalah-masalah Ilmu Keguruan, Cet. 6. Jakarta: Bina Aksara,2001.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Trianto dan Titik Triwulan Tutik. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007.
Umardi. Pembinaan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, 1999.
UU Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Zainuddin, M. Pendidikan Islam dari Paradigma Klasik hingga Kontemporer. Malang: UIN Malang Press, 2009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rina Komalasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.