Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Hormat Dan Patuh Kepada Orang Tua Dan Guru Kelas VIII Melalui Metode Think-Talk-Write (TTW)

Authors

  • Utin Nurkayah SMPN 62 Bengkulu Utara

Keywords:

Belajar, Hasil, Metode, Siswa.

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu dari ilmu yang sangat bermanfaat membentuk akhlak dan perilaku siswa. Rumusan masalah pada penilitian ini adalah apakah penggunaan metode Tink-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PAI. Belajar adalah suatu proses melihat, mengamati, memahami sesuatu yang dipelajari. Think Talk Write (TTW) adalah model pembelajaran yang dibangun melalui berpikir, berbicara, dan menulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 62 Bengkulu Utara pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pokok materi Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 62 Bengkulu Utara dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

References

Ansari, Bansu I dan Martinis Yamin. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GP Press Group

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres

Downloads

Published

2022-12-27

Issue

Section

Articles