Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 06 Kepahiang

Authors

  • Yesi Maryati SD Negeri 06 Kepahiang Kabupaten Kepahiang

Keywords:

Metode Role Playing, Classroom Action Research, Dan Minat Siswa

Abstract

Penelitian ini mengungkap penggunaan metode Role Playing dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Negeri. Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tindakan kelas yang diterapkan melalui dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, penilaian pengetahuan di tiap ahir siklus. Hasil penelitian pra siklus nilai rata-rata anak 62,28, pada siklus I nilai rata-rata anak 77,14 dan pada siklus II nilai rata-rata anak 83,57. Menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playing sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar anak. Efektivitas penggunaan metode tersebut dapat dilihat dari dijumlahnya beberapa perubahan yang positif, baik yang terjadi pada guru PAI itu sendiri maupun yang terjadi pada diri siswa, terutama perubahan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

References

Abudin Nata.2007. Manajemen Pendidikan Jakarta: Prenda Media

Aksara Syah Muhibbin. 1999. Medotologi Penelitian Agama. Jakarta: Grapindo Persada.

Anissatul Mufarokah. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Sukses Offset

Bahdin Nur Tanjung & H. Ardial. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Basyirudin Usman. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pres

Departemen Agama RI.2005. AL-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV. Penerbit J-ART

Hasan Basri. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia

Hasbullah. 1994. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres

Hisyam Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Iskandar. 2009. Pnelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada

Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Pakem Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Semarang: Rasail Media Group

Kartono. 1995. Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju

Lexy J. Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. 2005. Penilayan Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 2003. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditiya Bakti

Ramayulis. 2001. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Rohmat. 2000. Pengantar Media Pembelajaran. Surakarta: STAIN

Slameto. 1998. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana. 2010. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Grapindo Persada

Suharsimi Ari Kunto. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Suparno. 2002. Materi PAI. Bandung: Alfabet

Surakarta Sardiman. 1992. Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grapindo Persada

Suwarsi Madya. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Salatiga: PT. Bumi

Syaifudin Azwar. 2002. Test Prestasi Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset

Syaiful Bahri Djamarah Dan Azwan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta,

Wahidmurni. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2022-12-27

Issue

Section

Articles