Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 06 Kepahiang
Keywords:
Metode Role Playing, Classroom Action Research, Dan Minat SiswaAbstract
Penelitian ini mengungkap penggunaan metode Role Playing dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Negeri. Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tindakan kelas yang diterapkan melalui dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, penilaian pengetahuan di tiap ahir siklus. Hasil penelitian pra siklus nilai rata-rata anak 62,28, pada siklus I nilai rata-rata anak 77,14 dan pada siklus II nilai rata-rata anak 83,57. Menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playing sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar anak. Efektivitas penggunaan metode tersebut dapat dilihat dari dijumlahnya beberapa perubahan yang positif, baik yang terjadi pada guru PAI itu sendiri maupun yang terjadi pada diri siswa, terutama perubahan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
References
Abudin Nata.2007. Manajemen Pendidikan Jakarta: Prenda Media
Aksara Syah Muhibbin. 1999. Medotologi Penelitian Agama. Jakarta: Grapindo Persada.
Anissatul Mufarokah. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Sukses Offset
Bahdin Nur Tanjung & H. Ardial. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Basyirudin Usman. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pres
Departemen Agama RI.2005. AL-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV. Penerbit J-ART
Hasan Basri. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia
Hasbullah. 1994. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres
Hisyam Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Iskandar. 2009. Pnelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada
Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Pakem Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Semarang: Rasail Media Group
Kartono. 1995. Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju
Lexy J. Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nana Sudjana. 2005. Penilayan Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Oemar Hamalik. 2003. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditiya Bakti
Ramayulis. 2001. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rohmat. 2000. Pengantar Media Pembelajaran. Surakarta: STAIN
Slameto. 1998. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana. 2010. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Grapindo Persada
Suharsimi Ari Kunto. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Suparno. 2002. Materi PAI. Bandung: Alfabet
Surakarta Sardiman. 1992. Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grapindo Persada
Suwarsi Madya. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Salatiga: PT. Bumi
Syaifudin Azwar. 2002. Test Prestasi Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset
Syaiful Bahri Djamarah Dan Azwan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta,
Wahidmurni. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yesi Maryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.