Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran PAI Pada Materi Beriman Kepada Malaikat Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 116 Bengkulu Utara
Keywords:
TPACK, Hasil Belajar PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui apakah pendekatan pembelajarn TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI Materi Beriman Kepada Malaikat pada siswa kelas IV SDN 116 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan metode Deskriptif. Metode penelitian kualitatif lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu problem atau masalah daripada melihat permasalahan untuk digeneralisasikan. Data primer diperolehdari hasil tes siswa dalam pembelajaran kemudian dinarasikan atau dideskripsikan kedalam kalimat untuk mengambil kesimpulan. Dari hasil persentase menunjukan bahwa siswa yang tuntas berada pada angka 86% hasil ini membuktikan pembelajaran menggunakan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge dapat meningkatkan hasil belajar siswa terkhusus dalam materi Hari Kiamat pada siswa kelas IV SDN 116 Bengkulu Utara.
References
Annisa, M. N., Wiliah, A., Rahmawati, N., & Tangerang, U. M. (n.d.). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK. 2(April 2020), 35–48.
Hasim, W., Kusen, K., Hartini, H., & Daheri, M. (2021). Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3884–3897. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1147
Nayla Rizqiyah. (2021). IMPLEMENTASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE SEBAGAI MODERNISASI DI BIDANG PENDIDIKAN.
Nuning Indah Pratiwi. (2017). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO CALL DALAM TEKNOLOGI KOMUNIKASI. ISSN: 2581-2424.
Quddus, A. (2019). IMPLEMENTASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE ( TPACK ) DALAM PENDIDIKAN PROFESI GURU ( PPG ) PAI LPTK UIN MATARAM. 17(2), 213–230.
Rusli, M., Pendidikan, D., & Timur, L. (2014). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar / Deskriptif dan Studi Kasus. 1–13.
Sasmi, W. Y., & Johan, R. S. (n.d.). THE INFLUENCE OF LEARNING MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES ON THE INTEREST TO CONTINUE STUDIES TO COLLEGE IN THE STUDENTS OF CLASS XII SMK NEGERI 5. 2, 1–13.
Setyawan, S. W., Makkasau, A., & Syahrani. (n.d.). Penerapan Pendekatan TPACK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas III SD Negeri Segaralangu 02 Cipari.
Somad, M. A. (2021). PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK. 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suhartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.