Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 36 Bengkulu Tengah
Keywords:
Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, PAIAbstract
Melalui penerapan strategi discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di SD Negeri 36 Bengkulu Tengah merupakan judul sekaligus tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif atau jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian pelaksanaan strategi pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam berjalan dengan sangat baik, hal ini terlihat dari hasil observasi dan pembelajaran. Kegiatan dimana siswa mengalami peningkatan berpikir kritis saat menggunakan strategi discovery learning mendapatkan persentase 85% dengan kategori baik. Kemampuan berpikir kritis pada siswa juga baik. Faktor pendukung penelitian ini dimulai dari rasa ingin tahu siswa kepercayaan diri, kesempatan dan waktu serta strategi pemilihan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat adalah kebalikan dari faktor pendukung yaitu kurangnya rasa ingin tahu siswa, rasa takut dan rendah diri.
References
Abd Hadi, Asrori, R. (2021). Penelitian kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas: Pena Persada.
Abrahamson, D., & Kapur, M. (2018). Reinventing discovery learning: a field- wide research program. Instructional Science, 46(1), 1–10. https://doi.org/10.1007/s11251-017-9444-y
Asrori & Rusman. (2020). Filsafat Pendidikan Islam: Pedekatan Filsafat Islam Klasik. Malang: Pustaka Learning Center.
Asrori. (2019). Inovasi Belajar & Pembelajaran PAI: Teori Aplikatif. Surabaya: UMSurabaya Press.
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Banyumas: Pena Persada.
Balım, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 35(35), 1–20.
Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7(1), 16. https://doi.org/10.29210/129400
Educatio, J. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Hasil Pengamatan Menggunakan Metode Discovery Learning, 7(4), 1915–1920. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1719
Environment for Introductory Chemistry. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 18(4). https://doi.org/10.14434/josotl.v18i4.23112
Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal pendidikan, 1, 263–278.
Faizah, M., Mahbuddin, A., & Rofiki, I. (2020). The effect of scrapbook media on students’ skills speaking. Al-Mudarris Journal of Education, 3(2), 105–117. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v
Fajeriah, S., Tadulako, U., & Indonesia, P. (2021). the Effect of Offline Learning Model Assisted in Practicum Discovery Learning on Learning, 4(3), 663– 671.
Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 9–22.
Mujib, M. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Metode Pembelajaran Improve. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 167– 180. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.31
Munjiat, S. M. (2020). Implementation of Islamic Religious Education Learning in Higher Education on The Pandemic Period. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 285–295. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i2.757
Ott, L. E., Carpenter, T. S., Hamilton, D. S., & LaCourse, W. R. (2018). Discovery Learning: Development of a Unique Active Learning
Pribadi, B. A., & Rakyat, D. (n.d.). untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Rahman, M. H. (2017). Using Discovery Learning to Encourage Creative
Salo, Y. A. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas Vii Smpn 6 Banda Aceh). Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 297–304. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i3.4825
Silalahi, U. (2018). Metode Penelitian. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 216.
Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966
Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. … Pancasila dan Kewarganegaraan.
Sumianingrum, N. E. (2017). Efektivitas Metode Discovery Learning Berbantuan E-Learning di SMA Negeri 1 Jepara. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(1), 17. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i1.3710
Syarnubi. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2). https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i2sip98
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.