Pembentukan Karakter Melalui Kultum (Kuliah Tujuh Menit) Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Eriyanto SDN 60 Lebong

Keywords:

Pembentukan, Karakter, Kultum, PAI

Abstract

Tulisan ini akan membahas tentang peran pedidikan agaıııa IsIam di sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan Agama Istam (PAI) merupakan salah satu pilar pendidikan karakter yang akan tumbuh dengan baik jika dimufai dari tertanamnya jiwa keberagamaan pada anak, oleh karena itu materi PAI disekolah menjadi satah satu pemınjang pendidikan karakter. Melalui pembelajaran PAI siswa diajarkan aqidah sebagai dasar keagamaannya, diajarkan al-Quran dan hadis sebagai pedoman hidupnya, diajarkan fiqih sebagai ilmu dalam beribadah, mengajarkmı sejarah Islam sebagai sebuah keteladan hidup, dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman prilaku manusia apakah dalam kategori baik ataupun buruk. Oleh sebabituu, Pembelajaran PAI adalah pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari.Disamping itu, keberhasilan pembelajaran PAI disekolah salah satunya juga ditentukan oleh perıerapan metode pembelajaran yang tepat.

References

Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun, 2010- 2025

Mahmud, Ali Abdul Halim, 2003, Tarbişah Khulııqivah Pemhinaan Diri Menurut Konsep Nabaw'i, Terj AJıJ’udin, Solo, Media Insani.

Permendiknas No 22 Tahun, 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah.

Ridla, Muhammad Jawwad, 2002. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam Perspekti}’ Sosiologis FilosoJis, Terj Mahmud Arij; Yogyakarta, Tiara Wacana Yogya Sudrajat, Ajat, 2011, Mengapa Pendidikan Karakter?, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 1, No. 1.

Rusn, Abidin lbnu, 1998. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Suwito, 2004, Fil.safât Pendidikan Akhlak Ihn Mi.skawaih, Yogyakarta, Belukar.

Ulwan, Abdullah Nasih, Pedoman Pendidikan AnaL Dalam I.slam, Terj Sefullah Kamalie Dan Hery Noer Ali, Jilid 2, Semarang, Asy-Syifa. Tt

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles