Meningkatkan Prestasi Belajar PAI dengan Menerapkan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Puasa Wajib Siswa Kelas V SDN Negri 32 Mandau Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Yanfitri IAIN Curup

Keywords:

Prestasi, Belajar, PAI, Model CTL

Abstract

Selama ini pendidikan di SDN 32 Mandau, khususnya Mata Pelajaran PAI dikelas 5 hanya tampak dari kemampuan siswa menghafal fakta-fakta, walupun banyak siswa mampu menyajikan tingkat hafalan yang baik terhadap materi yang diterima, tetapi pada kenyataannya mereka sering sekali tidak memahami secara mendalam substansi materinya. Dampaknya sebagian besar dari siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dimanfaatkan. Mereka sangat perlu memahami konsep-konsep yang berhubungan dengan tempat tinggal dan masyarakat pada umumnya dimana mereka akan hidup. Siswa memiliki kesulitan memahami konsep akademik sebagaimana mereka bisa diajarkan, yaitu menggunakaan sesuatu yang abstrak dan masih didominasi sebagaimana mereka bisa diajarkan, yaitu menggunakan sesuatu yang abstrak dan masih didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru sebagai pengetahuan utama. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan belajar yang memberdayakan siswa. Salah satu pendekatan yang memberdayakan siswa adalah pendekatan kontekstual ( CTL ). Rumusan masalah adalah Apakah dengan menerapkan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar PAI pada materi puasa wajib kelas V SDN 32 Mandau kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PAI pada materi puasa wajib siswa kelas V SDN 32 Mandau Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Tahun Pelajaran 2020/2021. Penerapan media model pembelajaran CTL pada materi puasa Ramadhan dapat juga dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran terlihat pada siklus 1 dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 60 % dan siklus II naik menjadi 76 % dengan kategori baik

References

Achmadi. 1992. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Ahmadi, Lif Khoiru & Amri, Sofan. 2011. Paikem Gembrot, Jakarta: PT Prestasi Pustaka Karya.

Arifin, Zainal. 1998. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur, Bandung: Remaja Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama Republik Indonesia, 1994. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SD, Jakarta: Bagian Proyek Peningkatan Wawasan Kependidikan GuruAgama.

Departemen Dalam Negeri. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.

DePotter, Bobby.1999. Quantum Teaching, dalam Ary Nilandari (Tarjamah), Bandung: Kaifa.

Hatta, Ahmad. 2009. Tafsir Qur’an Perkata ilengkapi Dengan Ashbabun Nuzul dan Terjemah, Jakarta: Maghfiroh Pustaka.

Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: Pustaka Belajar

Mu’ti, Abdul. 1998. Proses Belajar Pendekatan Kognitif PBM-PAI di Sekolah Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muslich, Mansur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdin, Muhammad. 2010. Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Vembiriarto. 1990. Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset.W.J.S.

Poerdarminto. 1976. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2021-11-27

Issue

Section

Articles