Usaha Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 06 Lebong

Authors

  • Fernandes Tolis SDN 06 Lebong

Keywords:

Usaha Guru, Minat Baca Siswa

Abstract

Minat baca siswa akan tumbuh dan berkembang jika telah menjadi kebutuhan bahkan kegemaran bagi para siswa. Dengan adanya minat yang tinggi pada siswa akan menjadikan siswa lebih bersemangat dan bergairah dalam belajar. Seseorang yang tidak berminat untuk mempelajari sesuatu biasanya tidak dapat diharapkan akan berhasil dengan baik dalam menguasai ilmu yang dipelajari. Usaha guru dalam meningkatkan minat baca siswa penndidikan agama islam yang merupakan salah satu faktor pendorong keberhasilan proses pembelajaran yang ditandai oleh perubahan sikap dan tingkah laku melalui pengamalan terhadap isi materi yang terkandung di dalam mata pelajaran yang mereka pelajari khususnya mata pelajaran pendidikan agama islam. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui kebijakan apa yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan hambatan apa yang dihadapi guru dalam meningkatakan minat baca siswa dalam mata pelajaran agama islam.

References

Ihsan Nul Hhakim, dkk, pengantar metodelogi penelitian, Bengkulu, LP2 STAIN Curup, 2009

Rahim, F, Pengajaran membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Soejono dan Abdurrahman, metodelogi penelitian suattu pemikiran dan penerapan, Jakarta: Rineka Cipta, 1999

Sudiana, Pengembangan minat baca di kalangan siswa, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 2004

Syaiful Bahri Jamarah, Guru dan anak didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta; Rineka Cipta, 2005.

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles