Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Penelitian Tindakan Kelas Di SDN 82 Kaur Kabupaten Kaur)

Authors

  • Fransis Carius Franolo SDN 82 Kaur Kabupaten Kaur

Keywords:

Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar

Abstract

Data nilai mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas V SD Negeri 82 Kaur masih cukup rendah yaitu di angka 60 nilai ini masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. ini dikarenakan siswa jarang mendapatkan variasi dalam proses belajar mengajar, yang dapat meningkatkan semangat belajar mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaranTalking Stick dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD Negeri 82 Kaur. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research).Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian adalah hasil belajar PAI dapat meningkat dengan model pembelajaran Talking Stick pada siswa di kelas V SD Negeri 82 Kaur. Hal ini dapat dibuktikan bahwa proses belajar mengajar dalam pembelajaran PAI dengan model pembelajaransudah mengalami peningkatan. Prestasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran, pada mata pelajaran PAI siswa di kelas V SD Negeri 82 Kaur sudah meningkat hal ini dapat dinilai dari nilai tes sebelum dilakukan tindakan (pretes) 6 orang siswa yang mendapat nilai < 65 dan 1 orang yang mendapat nilai > 65 dan nilai tes siswa setelah dilakukan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran, nilai postes siklus I, 3 orang siswa yang mendapat nilai > 65, ada 2 orang yang memiliki nilai 65 dan 2 siswa yang mendapat nilai < 65. Sedangkan nilai postes siklus II, 5 orang siswa yang mendapat nilai>65 dan 2 orang yang mendapat nilai<65.Dengan melalui model pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terlihat dari prasiklus, siklus I, siklus II secara berturut-turut yaitu 38%, 67%, 83%. Hal ini menandakan bahwa tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya dan telah mencapai proses dan hasil belajar yang diharapkan.

References

Hadi, Sutrisno. 1993. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset

Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa.2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

-------, 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Pasaribu, dan Simandjuntak. 1983. Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Tarsito Purwanto, Ngalim. 2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

-------. 2009. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis (Edisi Kedua). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ramayulis. 2007. Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional

Trianto, 2009.Model-Model Dalam Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya

Wardani, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: 2007. Universitas Terbuka

Yunus, Mahmud. 2006. Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: PT. Hidakarya Agung

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles