Penerapan Teori Humanistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif (Active Learning) di SDIT Insan Kamil Kaur

Authors

  • Dewi Novita Sari SDIT Insan Kamil Kaur

Keywords:

Humanistik, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Aktif.

Abstract

: Teori humanistik menyatakan bahwa sebagai langkah untuk belajar manusia berhak mengenali dirinya sendiri, sehingga diharapkan mampu mencapai aktualisasi diri. Tidak heran jika penganut teori humanistik beranggapan bahwa proses belajar dinilai lebih penting daripada hasil belajar itu sendiri Belajaran aktif mengupayakan untuk mengembangkan potensi setiap peserta didik sehingga dapat diterapkan dalam bentuk tanya jawab, praktik dan diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teori belajar humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan mengetahui hasil pembelajaran PAI melalui teori aliran humanistik dengan metode (active learning) di SDIT Insan Kamil Kaur. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan teori belajar humanistik (active learning) pada pembelajaran PAI di SDIT Insan Kamil Kaur sudah terlaksana cukup baik dengan membimbing peserta didik agar belajar menggunakan berbagai cara secara aktif. Tentunya ditandai dengan adanya respon dan perubahan perilaku yang positif pada setiap peserta didik.

References

Ali, Luqman dkk. 1995. Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Perum Balai Pustaka.

Arbayah, Arbayah. 2013. “Model Pembelajaran Humanistik.” Dinamika Ilmu 13 (2). https://doi.org/10.21093/di.v13i2.26.

Dimyati, Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Goble, Frank G. 1987. Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius.

Hanafy, Muh Sain. 2014. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 17 (1): 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Kumara, Amitya. 2004. “Model Pembelajaran Active Learning Mata Pelajaran Sains Tingkat Sd Kota Yogyakarta Sebagai Upaya Peningkatan Life Skills.” Jurnal Psikologi 31 (2): 63–91. https://doi.org/10.22146/jpsi.7060.

Mukhtar Bukhori. 1994. Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Wacana Yogyakarta

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles