Penggunaan Tehnik Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kreatifitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP 41 Seluma

Authors

  • Dessy Purnama Sari SMPN 41 Seluma, Bengkulu

Keywords:

Kreatifitas dan hasil belajar, mind mapping, Tehnik pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat bagaimana penggunaan tehnik mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 41 Seluma, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 41 Seluma Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Data utama penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tehnik pengamatan, tes dan dokumentasi. Data penelitian kemudian di analisis dengan analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Penggunaan tehnik mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 41 Seluma. Hal ini terlihat pada analisis data observasi kreatifitas peserta didik yang terlibat aktif pada siklus I ada 9% dan meningkat pada siklus II sebanyak 22%, meningkat lagi pada siklus III sebanyak 91%. Selain itu data tes hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 6,35 dan persentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal 26%, selanjutnya pada siklus II rata-rata peserta didik 6,95 dan persentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal 61%, meningkat pada siklus III dengan nilai rata-rata peserta didik menjadi 7,76 dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 100% dengan kriteria Tuntas.

References

Aqid, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama.

Bahaudin, T.(1999). Brainwar Management: Generasi Kelima, Menejemen Manusia. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Buzan, T. (2009). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Martinis.(2009) Metode Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Ramayulis, (2001) Metodelogi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2001

Shaleh, A.R.(2005) Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: Grafindo Persada.

Sugiarto, I. (2004) Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir Holistic dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suhirman. (2009)Teori Aplikasi Strategi Pembelajaran Ekspositorik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Madania Transformasi Islam dan Kebudayaan. Bengkulu: PPIK STAIN.

Syamsuddin M, A.(2003) Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yovan. (2008) Strategi dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles