Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Kooperative Learning Di Kelas VII SMPN 12 Kaur

Authors

  • Nurhikmah Cahaya Rembulan Hutasuhut SMPN 12 KAUR

Keywords:

Kooperative Learning, Hasil Belajar, SMPN

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah hasil belajar PAI di kelas VII SMPN 7 Kaur sebelum menerapkan model Pembelajaran Kooperative Leraning (2).Bagaimanakah hasil belajar PAI di kelas VII SMPN 7 Kaur setelah melakukan penerapan model Pembelajaran Kooperative Leraning (3). Apakah dengan penerapan model pembelajaran Kooperative Learning dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 12 Kaur. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 12 Kaur yang berjumlah 26 orang siswa. Tekhnik Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi guru dan siswa serta laporan lembar kerja siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Kesimpulan Penelitian yaitu (1). Hasil belajar siswa sebelum menerapkan pembelajaran Kooperative Learning di kelas VII selalu rendah, rata-rata hanya mencapai 6, siswa pasif menerima penjelasan dari guru, serta siswa kurang tertarik atau termotivasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. (2). Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menerapkan model Kooperative Learning dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata, persentase ketuntasan belajar siswa siklus I ke proses pembelajaran siklus II. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 6.91 dan meningkat 8.00 pada siklus II, ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari 65.38% pada siklus I meningkat menjadi 96.15% pada proses pembelajaran siklus II. Sedangkan nilai rata-rata skor guru dari 33 dengan kategori baik meningkat menjadi 35 dengan kategori baik pada pembelajaran siklus II. Demikian juga dengan nilai rata-rata skor siswa pada siklus I sebesar 24 dengan kategori baik mengalami peningkatan pada proses pembelajaran di siklus II yaitu sebesar 29 dengan kategori baik. (3). Pelaksanaan Implementasi Kooperative Learning dalam pembelajaran PAI di Kelas VII SMPN 12 Kaur dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

References

Anitah, Sri. W dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Rineka Cipta.

Arikunto, Suhartini. 2007. Prosedur Penelitian” Suet Pendekatan Prakiik”. Jakarta: Rinks Cipta.

Chairuna, Fitri. 2008. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu.

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah. S. B. dan Zain A. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Http://apadefinisinya.blogspot.com/2008/05/kumpulan-metodepembelajaran pendampingan. html, Nila Kencana, 2009/05/21/

Ibrahim, M dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UnVIIersity Press.

Lie, Anita. 2006. KooperativeLearning. Jakarta: Grasindo.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Dalam Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles