Peningkatan Hasil Belajar PAI Menggunakan Metode The Learning Cell Pada Materi Mengenal Kitab-Kitab Allah SWT

Authors

  • Marhadi SD Negeri 46 Rejang Lebong

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, The Learing Cell.

Abstract

Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, ketaqwaan kepada Allah Swt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidiakan Agama Islam dengan materi Mengenal Kitab-Kitab Allah yang diajarkan dengan menerapkan model The Learning Cell. The Learning Cell merupakan suatu metode pembelajaran yang membantu siswa belajar dengan lebih efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah subjek penelitian 16 orang siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan metode The Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengenal Kitab-kitab Allah SWT.

References

Arikunto, S (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darajat, Z (2011). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Agama Republik Indonesia (1992). Al-Qur’an dan Terjemahan. Semarang: CV Asy-Syifa

Heryati, Y (2010). Media Pembelajaran. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu Delapan

Hajar, Andi (2020). Penerapan Model Pemebelajaran Learning Partner dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Bone

Ismail, S.M (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group

Sutrisno, Faizal (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Sholat Jumat dengan Metode Learning Cell dan Modeling The Way Pada Siswa Kelas 7A di SMP Diponegoro Depok Kab Sleman Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles