Efektivitas Metode Demonstrasi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sholat Siswa Kelas II SDN 016 Bengkulu Utara

Authors

  • Marhuda SDN 016 Bengkulu Utara

Keywords:

Efektivitas; Demonstrasi; PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Sholat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas II SDN 16 Bengkulu Utara. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif yaitu hasil penelitian dideskripsikan dan peneliti menginterpretasikan bagaimana suatu subjek mendapatkan arti dari lingkungan sekitarnya, dan dapat mempengaruhi perilaku mereka. Analisis deskripsi dikembangkan dengan temuan kejadian yang didapat selama kegiatan penelitian berlangsung dilapangan Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan metode Demonstrasi pada Materi Sholat pada pelajaran PAI kelas II SDN 16 Bengkulu Utara sangat efektiv terlihat dari hasil tes tertulis sebesar 85% tuntas dan Tes praktik anak 93% tuntas.

References

Ahyat, N. (2017). EDUSIANA : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam. 4(1), 24–31.

Dr. Wahidmurni, M. P. (2017). No Title. PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hamid, A. (2019). Berbagai Metode Mengajar bagi Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 9(2), 1–16. http://www.ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/download/97/72

Hasim, W., Kusen, K., Hartini, H., & Daheri, M. (2021). Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3884–3897. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1147

Munandar2;, A. R. B. S. A., & Yumriani5, A. F. Y. K. (n.d.). No Title.

Pratama, R., & Kasiyati. (2018). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Terarium Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 1–6.

Teiseran, G. G. (2020). Implementasi Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Monolog Pendek Berbentuk Prosedur. 4(2), 192–197.

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles