Problematika Yang Dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam DI SMA Negeri 4 Kaur Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur

Authors

  • Ayu Indah Lestari SDN 25 Kaur

Keywords:

Problematika, Guru dan Motivasi Belajar.

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Problematika Yang Dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 4 Kaur. Dengan tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Kaur dan usaha-usaha yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi problematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru pendidikan agama Islam, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni, penelitian dengan mengumpulkan bahan atau data yang relevan, kemudian dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori yang ada sehingga di peroleh suatu kesimpulan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan teknik triangulasi sumber, kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa kelas XI IPS 1. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problematika yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI yaitu siswa masih kurang berpartisipasi atau kurang aktif dalam proses belajar mengajar masih kurang, kedisiplinan dan keingintahuan siswa pun masih kurang jadi guru mata pelajaran harus lebih kreatif untuk memancing keaktifan dan keingintahuan siswa serta maningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin, 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Departemen Agama RI. Al-Hikmah (Al-Qur’an dan Terjemahannya).Bandung: CV Diponegoro.

Gunawan, Imam, 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar, 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardalis, 2008. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhaimin, 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E, 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E, 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana, 1998. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiono, 2013. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles