Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Pendidikan Karakter; Mata Pelajaran PAI.Abstract
Tulisan ini akan membahas tentang peran pedidikan agama Islam di sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pilar pendidikan karakter yang paling utama. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika dimulai dari tertanamnya jiwa keberagamaan pada anak, oleh karena itu materi PAI disekolah menjadi salah satu penunjang pendidikan karakter. Melalui pembelajaaran PAI siswa diajarkan aqidah sebagai dasar keagamaannya, diajarkan al-Quran dan hadis sebagai pedoman hidupnya, diajarkan fiqih sebagai rambu-rambu hukum dalam beribadah, mengajarkan sejarah Islam sebagai sebuah keteladan hidup, dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman prilaku manusia apakah dalam kategori baik ataupun buruk. Oleh sebab itu, tujuan utama dari Pembelajaran PAI adalah pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari.Disamping itu, keberhasilan pembe lajaran PAI disekolah salah satunya juga ditentukan oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat.
References
Emzir. 2013. Metodologi Pendidikan: kuantitatif dan kualitatif, (Jakarta: Rajawali Pres).
Fikri, M., & Ferdinan, F. (2017). Peranan Manajemen Boarding school Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 43-52.
Saefuddin, Asis dan Berdiati, Ika. 2016. Pembelajaran Efektif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. XXVI; Bandung: Alfabeta).
Tanjung, A.M. 2017. Jalan Sukses Menuju Pendidik Profesional, (Padang).
Usman, M., & Nurhidaya, M. (2017). Pengaruh Penguasaan Psikologi Pembelajaran terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. TARBAWI: Ju
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Putri Desiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.