Penerapan Pembelajaran Metode Diskusi Oleh Guru PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD N 18 Lebong

Authors

  • Yanti Fitriyah SDN 18 Lebong

Keywords:

Guru PAI, Metode Diskusi, Hasil Belajar.

Abstract

Dalam proses pembelajaran banyak sekali metode yang digunakan oleh guru dalam proses penyampaian pembelajaran, salah satunya adalah metode diskusi. Dalam metode ini melibatkan interaksi secara langsung antara guru dan siswa. Saat dilaksanakan dengan tepat maka metode ini mampu merangsang siswa mampu berfikir dan memilki pendapat sendiri sehingga siswa akan lebih kritis dan percaya diri. Penelitian ini memilki tujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan metode diskusi yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 18 Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh saat menerapkan metode diskusi ini siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik dan dilihat dari segi kognitif mengalami kenaikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi ini memilki pengaruh pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa

References

Adawiyah, Fatniaton. 2021. “Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Paris Langkis 2(1):68–82. doi: 10.37304/paris.v2i1.3316.

Andina, Elga. 2018. “Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 9(2):204–20. doi: 10.46807/aspirasi.v9i2.1103.

Anggreni, Ni Luh Oka. 2019. “Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat Ditingkatkan Melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion).” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 3:201--208.

Fadhil, Abdul. 2014. “Penerapan Metode Ceramah Dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Di SMA Negeri 44 Jakarta.” Jurnal Studi Al Qur’an: Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani Vol. 10, n(2):h. 121.

Hudah, Nurul. 2020. “Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 24 Indralaya.” Jurnal Ilmiah Bina Edukasi 12(2):42–51. doi: 10.33557/jedukasi.v12i2.788.

Malik, Jamaludin. 2019. “Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dan Aktivitas Siswa Kelas Iv Sd I Sidorekso Pada Materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 9(2). doi: 10.24176/re.v9i2.3054.

Myori, Dwiprima Elvanny, Krismadinata Chaniago, Rahmat Hidayat, Fivia Eliza, and Radinal Fadli. 2019. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android.” JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional) 5(2):102. doi: 10.24036/jtev.v5i2.106832.

Pendidikan, Jurnal, Islam Anak, and Usia Dini. 1979. “A s - S A B I Q U N.” 4:670–81.

Persada, Stkip, Khatulistiwa Sintang, and Jl Pertamina-sengkuang. 2015. “No Title.” 1.

Raharjo, Raharjo. 2020. “Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai Dengan Merdeka Belajar 2020.” PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan 15(1):63. doi: 10.20961/pknp.v15i1.44901.

Rina, Herawati, Mujahidin E., and Al Hamat Anung. 2019. “Hubungan Motivasi Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pai Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor.” Jurnal Teknologi Pendidikan 8(2):235–46.

Sartika, Fitria, Elni Desriwita, and Mahyudin Ritonga. 2020. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar PAI Di Sekolah Dan Madrasah.” Humanika 20(2):115–28. doi: 10.21831/hum.v20i2.32598.

Tambak, Sahraini. 2015. “Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 12(1):1–20. doi: 10.25299/jaip.2015.vol12(1).1444.

Werdayanti, Andaru, and Latar Belakang. 2008. “Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Dinamika Pendidikan 3(1):79–92. doi: 10.15294/dp.v3i1.434.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles