Pendidikan Agama Islam Solusi Mengatasi Perilaku Menyimpang Anak Sejak Dini Di SDN 033 Bengkulu Utara

Authors

  • Rena Septiana SDN 43 Lebong, Kabupaten Lebong

Keywords:

Pendidikan Agama, Perilaku Menyimpang, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan Agama Islam pada sekolah memiliki konstribusi positif yang berupa berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar setelah selesai dari pendidikannya dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam serta menjadikannya sebagai pandangan hidup. Perilaku menyimpang secara primer adalah suatu bentuk perilaku menyimpang yang bersifat sementara dan tidak dilakukan terus menerus sehingga masih dapat ditoleransi oleh masyarakat seperti melanggar rambu-rambu lalu lintas atau buang sampah sembarangan. Sedangkan penyimpangan sekunder merupakan perilaku menyimpang yang tidak dapat toleransi dairi masyarakat dan umumnya di lakukan setiap kali seperti merampok, menjambret, memakai narkoba, dan menjadi pelacur. Untuk mengatasi nya perlu diberikannya pendidikan agama pada anak sejak usia dini akan, menjadikan seorang anak menjadi lebih baik, beragama, bermoral dan bernilai pekerti yang baik.

References

Abuddin Nata. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana. 2010

Depdiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Depdiknas. 2007

Engkoswara. Adminsitrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

Hamzah Ya’cub. Etika Islam. Bandung: Diponegoro. 1983

Jerry H. Makawimbang. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2011

Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna. 2007.

Martinis Yamin. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press, 2006, Cet. Ke-1.

Moh. Uzer Usman. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006, Cet. Ke-19.

Muhaimin. Problematika Agama dalam Kehidupan Manusia. Jakarta: Kalam Mulia, 1998, Cet. Ke-1.

Mulyasa. Menjadi Guru Professional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. PT. Remaja Rosda Karya, 2006, Cet. Ke-4.

Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005, Cet. Ke- 5

Zuchdi, Darmiyati. Pendidikan Karakter Perpsektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press. 2011.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles