Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Rabbani Melalui Metode Lagu Islami

Authors

  • Rike Wijaya SDN 76 Lebong

Keywords:

Pendidikan Karakter, Generasi Rabbani, Pembelajaran Lagu Islami.

Abstract

Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi atau Industri 4.0 telah banyak memberikan pengaruh yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Dampak yang ditimbulkan menyebabkan perubahan besar dalam segala aspek kehidupan masyarakat, baik dampak positif maupun dampak negatif. Informasi menjadi cepat menyebar luas dan dapat diakses dengan mudah oleh publik. Namun, di balik dampak positif yang sedemikian rupa, dampak negatifnya pun tidak dapat dibendung, di antaranya berkembangnya informasi yang tidak perlu, seperti konten yang berisi tindak kekerasan, pornografi, porno aksi dan berita hoax. Dampak negatif tersebut dapat memicu terjadinya resensi moral dikalangan generasi muda yang pada penelitian ini dikhususkan pada anak usia dini di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan upaya pendidikan karakter sejak usia dini sebagai benteng diri dari serangan laten demoralisasi. Salah satu cara penanaman karakter yang efektif adalah melalui jalur pendidikan anak. Lembaga Pendidikan menerapkan pembelajaran dasar dari pembentukan karakter sehingga anak memiliki kemampuan dasar sesuai tahap perkembangannya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas dan bertujuan untuk mengimplementasikan metode pembelajaran lagu islami sebagai upaya pembentukan karakter pada anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Suasana belajar menjadi lebih hidup sehingga anak dapat mengikuti pelajaran dengan baik; 2) Merangsang jiwa sosial anak sehingga mampu membuat suasana equal antar teman; 3) Melalui Pembelajaran lagu islami berupa tepuk, lagu dan gerak tubuh, pesan moral pembentukan karakter mudah dihafal dan diaplikasikan.

References

Ananda, R. 2017. “Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Journal of Early Childhood Education 1 (1): 19. Websiteh ttps://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28.

Aslan. 2017. “Pumping Teacher Dalam Tantangan Pendidikan Abad 21.” Jurnal Madrasah

Ibtidaiyah 2(2):2476–9703. website http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.771.

Baihaqi, M. B. 2017. “Pendidikan Dan Digitalisasi Di Era Milenial.” Sabtu, 23/12/17.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, and Purwanto, N. A.. 2017. “Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan KeteladanaN.” Jurnal Pendidikan Anak 6(2). website https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.

Hasan, M. S. 2013. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Dinamika Ilmu 13(2).

Insani, F. 2014. “Generasi Rabbani”. Retrieved March 17, 2022 from https://fithrahinsani.org/generasi-rabbani/. websitehttp://aceh.tribunnews.com/2014/01/10/generasi-rabbani)

Kusumaningrum, Y. D., 2014. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Pada Peserta Didik Di Sma Al Hikmah Surabaya.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 4(4):190–200.

Lubis, M. 2020. “Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0.” Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum,

Dan Bisnis 4(2). website http://dx.doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264.

Makhmudah, S. 2015. “Revitalisasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Bidang Ekstrakurikuler Di Era.” Lentera: Jurnal Pendidikan ISLAM 1(2):1–11.

http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/lentera/article/view/925.

Makhmudah, S. 2017. “Mensinergikan Nilai-Nilai Keagamaan Dengan Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani (Studi Kasus Komunitas Keagamaan Kejawen Di Desa Bajulan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk).” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 5(1):11. https://doi.org/10.29210/113600.

Makhmudah, S. 2017. “Peran Akademik Dalam Menghadapi Komunitas Ekonomi Asean Di Era Globalisasi.” ADRI 1–17.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles