Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Communication, Collaboration, Critical Thinking Dan Creative Thinking (4C) Dengan Pendekatan Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Luqman Al-Hakim Kelas 5 SDN 010 Bengkulu Utara
Keywords:
Keterampilan Abad 21: 4C: PBLAbstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat keterampilan pembelajaran abad 21 yaitu 4C (Critical thinking and Problem Solving,Communication, Collaboration, dan Creativity and Innovation) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 010 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Data yang diperoleh dipersentasekan selanjutnya dianalisis dengan kata-kata atau kalimat untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan setelah melakukan pembelajaran dengan keterampilan 4C (Critical thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration, dan Creativity and Innovation) dengan pendekatan pembelajaran Model Problem Based Learning ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Luqman Al-Hakim dengan hasil siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum 5B sebesar 85% dan 5C sebesar 91%.
References
Arnyana, I. B. P. (n.d.). No Title. Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4c(Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) Untukmenyongsong Era Abad 21.
Elihami, E. (2018). Penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Volume 2 –.
Evi Maulidah. (2021). Keterampilan 4c Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Vol 2 No 1.
Hasim, W., Kusen, K., Hartini, H., & Daheri, M. (2021). Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3884–3897. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1147
IGA Mas Darwati., I. M. P. (2021). Problem Based Learning(PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Vol 12 No.
Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53
Nuning Indah Pratiwi. (2017). Penggunaan media video call dalam teknologi komunikasi. Volume 1,.
Rusli, M., Pendidikan, D., & Timur, L. (2014). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar / Deskriptif dan Studi Kasus. 1–13.
Satrio, A., Hanafi, G., & Dwi, N. (2022). Upaya Mengembangkan Keterampilan 4C melalui Challenge Based Learning. 5, 627–637.
Suastini, Mardani, & Hermawan. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis 4c Oleh Guru Bahasa Jepang Di Sma Negeri 2 Semarapura. Implementa.
Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Nurrahayu, S. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C Creativity , Communication , & Collaborative ) ( Critical Thinking , Strategies to Improve 4C Competencies ( Critical Thinking , Creativity , Communication & Collaborative ). 14(1), 41–52.
Yasmini, I. G. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. 5(2), 159–164.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.