Upaya Peningkatan Keterampilan Berwudu dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII SMPN 63 Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Rina Alfiani SMPN 63 Bengkulu Utara

Keywords:

Metode Demostrasi, Keterampilan Dan Wudhu.

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatan kererampilan wudhu pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode demonstrasi pada Siswa Kelas VII SMPN 63 Bengkulu Utara.Kajian nya dilator belakangi karena adanya Siswa VII yang belum terampil dalam melaksanakan wudhu dengan baik dan benar. Hal ini terlihat dari perolehan nilai praktek yangbelum mencapai KKM. Dari 20 siswa dikelas VII hanya 10 siswa atau 50% yangtuntas KKM, berarti masih ada 10 siswa yang belum tuntas pada materi wudhu. Peneliti berupaya keras untuk melakuka perbaikan dalam pembelajaran wudhu melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi melalui dua siklus. Hasil penelitian perbaikan pembelajaran mengalami peningkatan pada materi wudhu dari siklus 1 50% dan meningkat menjadi 90% pada siklus II.

References

Ahmad Sabri. 2007. Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching, Ciputat Press, Quantum Teaching cet II.

Bambang Wahyudi, 2002 “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Bandung: Sulita

Imansyah Alipandie, 1984. Didaktik Metodik. Surabaya: Usaha Nasional

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, cet 4.

Soemarjadi. 1992. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud.

Sudjana, Nana. 1998. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Syaiful Bahri Djamah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineke Cipta.

Zuhairini, dkk, 1983. Matodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles