Penilaian Terhadap Tugas Staf Perpustakaan SDN 23 Lebong Dalam Kegiatan Penyebaran Informasi
Keywords:
Manajemem, Layanan, Perpustakaan Sekolah.Abstract
Perpustakaan adalah bagian penting dari pendidikan karena merupakan salah satu sumber belajar. Oleh sebab itu sekolah harus memiliki serta menyelenggarakan perpustakaan dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Layanan perpustakaan harus dilaksanakan secara prima dan berorientasi terhadap kebutuhan pengguna. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pergerakan sumber daya manusia dan pengawasan terhadap perpustakaan sekolah. pendekatan yang digunakan adalah kulitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) kompetensi yang di miliki pustakawan (2) peran staf perpustakaan dan (3) tantangan dan kendala. Karena tidak selalu dilakukan secara rutin oleh kepala sekolah dan tanpa adanya pedoman tertentu. Latar belakang dan pengalaman kepala sekolah yang tidak terlalu banyak mengenai perpustakaan sehingga membuat penilaian ini belum optimal. Saran yang bisa peneliti sampaikan yaitu untuk membuat laporan secara berkala sehingga memudahkan kepala sekolah dalam melakukan pengawasan.
References
Agung Nugrohoadhi. “Menakar Peranan Staf perpustakaan Dalam Implementasi Teknologi Informasi Di Perpustakaan” Vol 1, No 2 (desember 2013): 110.
Endang Rifngati. “Tantangan Staf perpustakaan Pergurun Tinggi Dalam Memberikan Layanan Prima Dengan Berbasis Teknologi Informasi” Vol 16, No 2 (November 2016).
Juni Wati Sri Rizki. “Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Peran Staf perpustakaan,” n.d., 111.
Mutiara Wahyuni. “Peran Staf perpustakaan Sebagai Penyedia Informasi” Vol 09, No 02 (Oktober 2015): 205–6.
Muhammad Aris, Ansori. 2014. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Lincolin Arsyad 3(2):1–46.
Novriliam, Rio, and Yunaldi. 2012. “Sebagai Pusat Sumber Belajar.” Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan 1(1):141–50.
Suhardi, Dini. 2011. “Peranan Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Mendukung Tujuan Sekolah.” Edulib 1(1):11–26. doi: 10.17509/edulib.v1i1.1140.
Wicaksana, Arif. 2016. “済無No Title No Title No Title.” Https://Medium.Com/ 265–68.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yenni Sri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.