Penggunaan Metode Pembelajaran Pembiasaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Di SD Negeri 145 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2022/2023
Keywords:
Hasil Belajar, Metode, Pembiasaan, PembelajaranAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam yang masih bersifat konvensional. Pendidikan Agama Islam memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai Agama Islam. Pembiasaanadalah metode pembelajaran yangkonsisten dan terprogram. Konsisten dalam pembinaan akhlak, kemampuan bahasa dan beribadah. Hasil belajar siswa pada penelitian awal masih rendah, hal dapat dilihat dari hasil evaluasi siswa tahap awal penelitian, dari jumlah siswa 20 orang hanya ada 10 orang siswa yang sudah mendapatkan hasil nilai kompeten. Perbaikan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan metode pembelajaran pembiasaan. Pada tahap perbaikan pembelajaran siklus I siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau sudah kompeten mencapai 14 orang siswa (70%) dari jumlah 20 orang siswa. Pada perbaikan pembelajaran siklus II, dari 20 orang siswa sudah didapati 19 orang siswa memperoleh nilai diatas kompetensi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran pembiasaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 145 Bengkulu Utara pada mata pelajaran PAI dengan materi.
References
Aris shoimin. 2014. 68 Metode Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Prof. H. M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, PT Bumi Aksara
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Suharsini Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sabri Alamsyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.