Strategi Internal Nilai-Nilai Pembelajaran PAI Terhadap Pembentukan Karakter Siswa

Authors

  • Yevi Kuswinda Sari SDN 25 Lebong

Keywords:

Strategi, Guru PAI, Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai strategi internalisasi pada nilai-nilai pendidikan agam Islam dalam pembentukan karakter siswa di sekolah. Mengingat bahwa posisi pendidik yang sangat berpengaruh terhadap karater siswa, juga sebagai pembimbing dan fasilitator yang memiliki tugas transfer pengetahuan, oleh karena itu pendidik tentunya harus mampu memfasilitasi siswa dalam mengembangkan dirinya yang disertai dengan bimbingan yang intersif. Diawali dengan konsep internalisasi nilai, tahapan dalam proses internalisasi. Kemudian penelitian ini akan memaparkan teori strategi internalisasi nilai yang populer di dunia pendidikan. Dalam penelituan ini akan dibahas strategi guru kepada siswa melalui lima pendekatan, yakni pendekatan indoktrinasi, pendekatan moral reasoning, pendekatan forecasting concequence, pendekaatan klasifikasi nilai, dan pendekatan ibrah dan amtsal.

References

Pendidikan Agama Islam Untuk Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa:(Studi Kasus Di SMP Berbasis Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto).” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 4(1):1–11.

Maghfirah, Muliatul, and Sri Nurhayati. 2020. “Peningkatan Strategi Dan Metode Pembelajaran Guru PAI Dalam Era Revolusi Industri 4.0.” PERDIKAN (Journal of Community Engagement) 2(1):10–19. doi: 10.19105/pjce.v2i1.3402.

Mansir, Firman, and Halim Purnomo. 2020. “Optimalisasi Peran Guru PAI Ideal Dalam Pembelajaran Fiqh Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5(2):97–105. doi: 10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5692.

Mukti, Abdul, and Moch. Nasir. 2019. “STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI NILAI MULTIKULTURAL (Studi Di SMA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan).” Journal Multicultural of Islamic Education 2(2):10–11.

Munif, Muhammad. 2017. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pai Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(2):1–12. doi: 10.33650/edureligia.v1i2.49.

Oktari, Wela, Hendra Harmi, and Deri Wanto. 2020. “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pai Pada Anak Berkebutuhan Khusus.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(1):13. doi: 10.30659/jpai.3.1.13-28.

Salamah, Salamah. 2020. “Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0.” SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 2(1):26–36. doi: 10.37680/scaffolding.v2i1.281.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles