Penggunaan Metode Make And Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiah Dan Alif Lam Qomariah Kelas VII SMPN 67 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2022 -2023

Authors

  • Sulastri SMPN 67 Bengkulu Utara Kec. Napal Putih Gembung Raya

Keywords:

Make and match, Meningkatkan Hasil Belajar, Alif Lam Syamsiah, Alif Lam Qomariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode make and match dalam pembelajaran Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiah Dan Alif Lam Qomariah Kelas VII di SMPN 67 BENGKULU UTARA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Kelas VII di SMPN 67 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2022 -2023 dengan jumlah siswa 11 orang. Data diperoleh melalui lembar observasi, angket respon siswa, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode make and match, hasil belajar Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiah Dan Alif Lam Qomariah setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Hasil analisis dapat diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah sebesar 75 dengan ketuntasan 63,64%, dan hasil belajar pada siklus II rata-rata diperoleh 82,50 dengan ketuntasan 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan di setiap siklusnya. Penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan guru pendidikan agama Islam lainnya khususnya pada kelas VII di SMPN 67 Bengkulu Utara dalam meningkatkan hasil belajar pada materi Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiah Dan Alif Lam Qomariah Kelas VII dengan menerapkan metode make and match (mencari pasangan).

References

Abdullah, Abdurrahman Saleh. 2005. Educational Theory a Quranic Outlook, terj. M. Arifin dan Zainuddin. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atisah, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Make A-Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Peserta Didik Sekolah Dasar, KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.

htps://idtesis.com/metode-pembelajaran-make-match/

https://jatengpos.co.id/tuntaskan-pembelajaran-pai-dengan-metode-make-a-match/arif/

Ilmayani Jufri, A. Riawarda, Nur Rahmah. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama, IQRO: Journal of Islamic Education

Mahfan. Pelajaran TAJWID Praktis. Jakarta: Sandro Jaya.

Novi Kurniawati,” Pengaruh Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri Rejowinangun Utara 1 Kota Magelang”,04 Oktober 2018

Nurdin, Ali.dkk. 2010.Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Universitas Terbuka.

Slameto, 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet.VI Jakarta: PT Rineka Cipta

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar. Kemendikbud (dalam buku pelatihan guru Implementasi Kuriulum 2013)

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles