Penanaman Nilai Keagaamaan Pada Siswa untuk Membentuk Karakter Siswa yang Religius

Authors

  • Zeli Milyanti Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Husna Lebong

Keywords:

Nilai Keagamaan, Penanaman, Karakter Religious.

Abstract

Penelitian ini memilki tujuan untuk mengembangkan pemahaman mengenai nilai-nilai agama pada siswa. Penelitian ini nantinya akan membahas bagaimana lembaga pendidkan sekolah mendidik serta menanamkan niai agama pada siswa sehingga nantinya akan menumbuhkan karakter religius dalam diri siswa dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisi data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan menarik kesimpulan.hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa dalam upaya menanamkan nilai keagamaan pada siswa menggunkan beragam metode yang didukung oleh peran para guru PAI dalam proses pelaksanaan pembelajaran

References

Ahsanulkhaq, Moh. 2019. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2(1). doi: 10.24176/jpp.v2i1.4312.

Badry, Intan Mayang Sahni, and Rini Rahman. 2021. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius.” An-Nuha 1(4):573–83. doi: 10.24036/annuha.v1i4.135.

Kh, Universitas, Wahan Hasbullah Jombang, Khofif Luthfi Rohman, Universitas Kh, Wahab Hasbullah, Indonesia Khofifunwaha, and Article History. 2022. “Analisis the Strategy Method Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengajarkan Movement Againts.” QALAM: Jurnal Pendidikan Islam.

Maghfirah, Muliatul, and Sri Nurhayati. 2020. “Peningkatan Strategi Dan Metode Pembelajaran Guru PAI Dalam Era Revolusi Industri 4.0.” PERDIKAN (Journal of Community Engagement) 2(1):10–19. doi: 10.19105/pjce.v2i1.3402.

Marzuki, Marzuki, and Pratiwi Istifany Haq. 2018. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Karakter Kebangsaan Di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang.” Jurnal Pendidikan Karakter 9(1):84–94. doi: 10.21831/jpk.v8i1.21677.

Munif, Muhammad. 2017. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pai Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(2):1–12. doi: 10.33650/edureligia.v1i2.49.

Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, and Imam Taulabi. 2020. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan.” EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 2(1):55–66. doi: 10.33367/jiee.v2i1.995.

Pakpahan, Poetri Leharia, Umi Habibah, Universitas Islam, Negeri Sunan, Kalijaga Indonesia, Islamic Religious, Pendidikan Agama, and Karakter Religius. 2021. “MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM.” 2(1):1–20.

Putry, Raihan. 2019. “Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 4(1):39. doi: 10.22373/equality.v4i1.4480.

Sitorus, Syahrul, Delvi Andriadi, Syarah Juwita, and Wahyu Dian Nasution. 2020. “Pola Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas Vii C Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Pab 1 Helvetia.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam 1(2):36–54. doi: 10.51672/jbpi.v1i2.7.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles