Penggunaan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 14 Rejang Lebong

Authors

  • Herlinda SMPN 14 Rejang Lebong

Keywords:

PAKEM, Prestasi Belajar, Make A Match, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Pendidikan merupakan pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Guru dituntut untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pengajaran, menjadi pembimbing yang baik dan mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM). PAKEM merupakan konsep pembelajaran yang berpusat pada anak (student centred learning). Agar materi-materi dan proses belajar mengajar yang dilakukan siswa dan guru dapat berjalan baik dan memperoleh hasil yang memuaskan. Tolak ukur sebagai indikator dalam menyatakan prestasi belajar peserta didik adalah perkembangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan bertujuan mengetahui pembelajaran PAKEM Menggunakan Model Make a Match di Kelas VIIC Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 14 Rejang Lebong Tahun pelajaran 2021/2022 dan mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan jumlah siswa 30 orang, 17 perempuan dan 13 laki-laki. Dari Hasil penelitian ini menunjukkan dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (47,33%) dan Siklus II (86,69%). Selain itu terdapat pula peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pembelajaran PAKEM dengan model make a match siswa termotivasi untuk terus belajar.

References

Abdul Bandrio. 2012 “Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di Bidang Studi Fiqih di MA Daruh Hijroh” Skripsi (Surabaya: Perpustakaan IAIN Sunan Ampel).

Abu Ahmadi. (1999). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta Ahmadi & Widodo. (2004). Psikologi Belajar, Jakarta.

Djamarah Syaiful. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.Djalal, MF 1986. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang: P3T IKIP Malang.

Hamalik Oemar. 2001.Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara Ismail SM. 2011. Startegi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, RaSAIL Media Group, Semarang.

Komalasari, K. (2012). The Effect Of Contextual Learning in Civic Education on Students’ Civic Skills. Internasional Journal for Educational Studies.

Muhibbin Syah. (2013), Psikologi Pendidikan, Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nugrananda Janattaka. 2017 “Penerapan Model Pembelajaran Paikem Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesiadi Sdn Kauman 01 Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung” Skripsi (Tulungagung: STKIP PGRI Tulungagung) http://web.iaincirebon,ac.id/ebook/repository/MPI-116010029.pdf /tesis Neneng Sri Wulan Desi, (makalah-model-pakem-dalam-pembelajaran:)

http://rumahkeduadesi.blogspot. com. pembelajaran.htm

Umi Habibah. 2012 “Penerapan Model Paikem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Krandon Kota Tegal” Skripsi (Semarang: Universitas Negeri Semarang).

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles