Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas IV SDN 01 Kabawetan

Authors

  • Hetty Nopiantika SD Negeri 01 Kabawetan

Keywords:

Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswa

Abstract

Di SDN 01 Kabawetan saat ini banyak ditemui fenomena kenakalan siswa, terutama di Kelas IV. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini.Tujuan penelitian ini untuk melihat peran guru PAI sebagai pendidik dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian studi lapangan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengetahui peran guru PAI dalam membentuk karakter siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang akan dianalisis melalui tahap reduksi data (data reduction), tahap penyajian data (data display) dan tahap penarikan kesimpulan (conclusions/verifying). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa sangat dibutuhkan oleh siswa karena dengan adanya guru PAI yang berperan sebagai orang tua siswa tentu memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk manusia yang ihsani. Adapun peran guru PAI untuk membentuk karakter siswa antara lain Metode Keteladanan, Metode Pembiasaan, Metode Nasehat, Metode Kisah, Metode perumpamaan, Metode Hadiah dan 'Hukuman. Karakter peningkatan yang dihasilkan dari peran guru PAI antara lain: religius, kejujuran, disiplin, peduli lingkungan.adapun faktor pendukung berasal dari faktor eksternal yaitu kompetensi pedagogik dan profesional guru dan kreatifitas dalam pelaksanaan pembelajaran. Adapun kendala-kendala dalam pembentukan karakter siswa kelas IV di SDN 01 Kabawetan meliputi faktor dari dalam yaitu keluarga sendiri dan kendala dari luar yaitu kurangnya kekompakan para guru dengan masyarakat setempat sehingga membuat guru pendidikan agama islam agak kesulitan dalam menjalankan aturan-aturan secara menyeluruh terhadap siswa.

References

Adawiyah, R. (2016). Profesionalisme Guru Dan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 939-946.

Aisyah, M. (2018). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Anistatun, N. (2018). Peran Guru Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa. Journal Of Islamic Teaching, 25-44.

Gunawan, H. (2012). Pendidkan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung:Alfabeta: 1-2.

Jannah, M. (2022). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Setelah Masa Pandemi Civid -19. Journal.stitaf,ac.ad/index.php/ibtida, 87-97.

Kompasiana. (2017). Pendidikan Karakter Nilai Kejujuran. Retrieved from https://www.Kompasiana .com/makhunzi/pendidikan-karakter-menananamkan-nilai -kejujuran_591eee41613bd571350fb.

Rachmawati, N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam ImplementasiKurikulum Prototipe Di Sekolah Pemnggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3613-3625.

RI, D. A. (2001). Kendali Mutu Pendidikan Islam. In Cet.1. Jakarta.

Rulan, A. (2018). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Studi Keislaman, 1-13.

Wardhani, N. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Unitirta Civic Education Journal,2(1), 3613-3625.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles