Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Terhadap Siswa di SDIT AL Husna

Authors

  • Meli Susilawati Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Husna, Lebong

Keywords:

Implementasi, Metode Wafa, Membaca Al-Qur’an

Abstract

Dalam membaca Al-Qur’an terdapat beragam metode dalam membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an, akan tetapi ada beberapa hal dari setiap metode yang digunakan dirasa belum maksimal untuk diterapkan dalam mempelajari Al-Qur’an. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah kemampuan yang dimilki oleh setiap orang tentunya berbeda-beda. Maka seiring dengan masalah tersebut lahirlah metode yang bisa mengoptimalkan cara kerja otak kanan yang menyenangkan dengan makhrijul huruf dan kaidah ilmu tajwid dengan irama lagu hijaz, sehingga mampu menulis arab dengan baik dan benar serta memudahkan dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode wafa dalam pembelajaran Al-Quran pada program sekolah. penetlian ini akan menganalisis 1). Perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode wafa, 2). Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode wafa, 3). Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode wafa, berdasarkan hasil penelitian ini di latar belakangi oleh program sekolah yang ingin mencetak generasi yang berilmu tinggi dan berahklak mulia, mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta membiasakan praktik ibadah yang istiqomah.

References

Abdi, Fifit Trisnayanti, Devy Habibi Muhammad, and Ari Susandi. 2022. “Pengaruh Metode Wafa Dan Profesinonalisme Guru Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Di TPQ Al-Hidayah.” JPDK : Research & Learning in Primary Education 4(1):139–48.

Anon. 2001. “‘Dan Ini Sebuah Kitab (Al-Quran) Yang Kami Turunkan, Yang Ada Berkatnya (Banyak Manfaatnya). Oleh Itu, Hendaklah Kamu Menurutnya; Dan Bertaqwalah (Kepada Allah), Mudah- Mudahan Kamu Beroleh Rahmat.’”

Anon. n.d. “SEJARAH HIJRAH DALAM PERSPEKTIF AL- QUR’AN Suarni Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat UIN Ar-Raniry.” 144–56.

Hariandi, Ahmad. 2019. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4(1):10–21. doi: 10.22437/gentala.v4i1.6906.

Islam, Jurnal Pendidikan. 2022. “Upaya Pembinaan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Al- Qur ’ an Melalui Metode Wafa Di SDIT Bina Insan Kota Palu Jum54 : 22 :” 3(1):21–44.

Pendidikan, Jurnal, Islam Anak, and Usia Dini. 1979. “A s - S A B I Q U N.” 4:670–81.

Perspektif, Dalam, Mikro Dan, Fakultas Dakwah, Institut Agama, Islam Negeri, and Iain Mataram. 2015. “Asbabun Nuzul Al-Qur ’ an.” 13(1):69–80.

Qur, Tahfizh, A. N. Di, and Sekolah Tahfizh. 2022. “IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN.” 1(2):16–29.

Sari, Ika Mutiara, and Asdi Wirman. 2019. “Metode Wafa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Alam TKIT Ar-Royyan Pegambiran, Padang.” Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education 4(1):69–78. doi: 10.51529/ijiece.v4i1.151.

Uin, Magister, and Syarif Hidayatullah. n.d. “MEMBACA ULANG KONSEP JIHAD DALAM AL- QUR ’ AN : USAHA MEREVITALISASI ISLAM RAHMAT Pendahuluan Jihad Merupakan Salah Satu Tema Sentral Dalam Al- Qur ’ an . Sayangnya Pahaman Akan Hakikat Jihad . Hal Ini Berpotensi Melahirkan Sikap Fanatisme Keagamaan Semak.”

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles