Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII SMPN 31 Bengkulu Tengah

Authors

  • Mia Hartati SMPN 31 Bengkulu Tengah

Keywords:

Motivasi Belajar Dan Upaya Guru

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa guru di SMPN 31 Bengkulu Tengah sudah berupaya meningkatkan motivasi belajar siswa, tetapi upaya tersebut belum begitu meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam pengembangan pembelajaran pendidikan Agama Islam di sekolah perlu diupayakan bagaimana agar dapat menimbulkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 31 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan Teori Miles dan Huberman yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data yang telah diperoleh, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 31 Bengkulu Tengah adalah: (a) motivasi instrinsik yaitu dengan menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa, membentuk kebiasaan baik, membantu kesulitan belajar siswa, menggunakan media pembelajaran. (b) motivasi ekstrinsik yaitu dengan memberi angka, memberi hadiah, mengadakan kompetensi, mengetahui hasil, memberi pujian dan memberikan hukuman.

References

Daradjat, Zakiah. 2000, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mujiono. 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi dan Debdikbud

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indoenesia.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006, Guru Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Muhaimin, dkk. 2001), Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosda Karya

Oemar, Hamalik. 2009, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ruswandi. 2013, Psikologi Pembelajaran, Bandung: CV. Pesona Sejahtera

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sardiman A.M. 1996, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Uno, Hamzah B. 2006, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara

Winkel W.S. 1996, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia

Zakiah Daradjat, 2008. Ilmu Pendidikan Islam, Ja¬karta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles