Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Kelas V SD Negeri 37 Kaur Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Apri Maryanti SDN 37 Kaur

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran PAI.

Abstract

Rendahnya Hasil belajar siswa tidak bisa dilimpahkan semata-mata pada siswa itu sendiri, hal ini terjadi karena beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa berupa kesehatan, intelegensi, dan bakat, minat dan motivasi serta cara belajar dari siswa itu sendiri, sedangkan faktor eksternal datang dari luar diri siswa, yaitu dari lingkungan belajar yang dijalani oleh siswa sehari-hari termasuk dari cara guru menyampaikan materi dalam hal ini termasuk langkah-langkah dalam proses pembelajaran dan teknik yang digunakan. Salah satu cara yang digunakan dalam proses mengajar adalah mengadakan hubungan dengan siswa sehubungan dengan kegiatan mengajar guru. Tujuan diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) upaya peningkatan Hasil Belajar PAI Kelas V SD Negeri 37 Kaur tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Hasil Belajar PAI dengan mencapai standar ideal. Dari siklus I rata-rata hasil belajar sebesar 66,46 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 46 %, rata-rata hasil belajar naik menjadi 76,46 dan ketuntasan belajar klasikal 71 % pada siklus II dan pada siklus III rata-rata hasil belajar menjadi 83,96 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai 100%. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan Hasil Belajar PAI Kelas V-A dengan ketuntasan mencapai 100%, dengan demikian model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) efektif dalam meningkatkan Hasil Belajar PAI di SD Negeri 37 Kaur tahun pelajaran 2022/2023.

References

Ahmad Sabri. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Amin Suyitno. 2002. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: GhaliaIndonesia.

Anita Lie. 2007. Kooperatif Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rine Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

JP. Chaplin. 1992. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.

Mochtar Buchari. 1986. Dasar- dasar Kependidikan. Bandung: Tarsito.

Nasution. 1972. Psikologi Pengajaran Nasional. Bandung: Remaja

Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.

Nursid Sumaatmadja. 2006. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alumni.

Poerwadarminta. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Rosda Karya. 2001. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bina Aksara.

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Cetakan Ke-1. Surabaya: Usaha Nasional.

Trianto. 2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles