Konsep Filsafat Progresivisme di SD Muhammadiyah 01 Rejang Lebong

Authors

  • Pungut SD Muhammadiyah 01 Rejang Lebong

Keywords:

Konsep, Progresivisme, Filsafat.

Abstract

Progresivisme dapat diartikan sebagai aliran yang ingin maju dengan cepat. Dalam fokus filsafat pendidikan, progresifisme adalah kegiatan yang menghasilkan pendidikan tidak hanya membekali siswa dengan kumpulan pengetahuan, tetapi juga melatih keterampilan berpikir mereka dengan cara yang memungkinkan mereka untuk berpikir melalui metode ini. harus mencakup metode yang sistematis, Misalnya memberikan analisis, penalaran, dan kesimpulan untuk memilih alternatif yang paling mungkin untuk memecahkan masalah yang dihadapi Berdasarkan wawancara dengan kepala SD Muhammadiyah 01 Rejang Lebong Bahwasanya Tidak seperti kurikulum yang baru, progresif diperkenalkan ke dalam kurikulum solusi melalui kegiatan, pemecahan masalah. Guru progresif memiliki usaha memberi kebebasan pada anak terhadap pembatasan dan penekanan tradisional. Kemajuan yang fokusnya kemasyarakatan, yang dikenal sebagai keadaan sosial, bertujuan supaya sekolah sebagai wadah untuk pusat perubahan yang maksimal. Keuntungan Progresifisme, Progresif penggunaan teknologi yang terbuka di kelas selama penggunaannya positif di dalam mengakses informasi. Hasil belajar terbuka untuk menghasilkan pengalaman yang baru dan diisi secara sosial untuk mengarahkan individu ke kontak sosial, terutama ketika siswa bekerja sama dalam sebuah kegiatan. Salah satu cara penerapan aliran progresivisme dalam pendidikan di SD Muhammadiyah 01 Rejang Lebong adanya tema tema didalam pengajaran di SD Muhammadiyah, adanya teknologi pembelajaran yang digunakan di SD Muhammadiyah, adanya sekolah yang berkonsep natural to alam sehingga anak didik dapat lebih leluasa lagi berkembang didalam mengembangkan masa perkembangan dan pertumbuhannya.

References

Darmana, A. (2016). INTERNALISASI NILAI TAUHID DALAM PEMBELAJARAN SAINS. Jurnal Pendidikan Islam, 27(1), 66.

Distrusing Publising. (2021). Pengaruh Pembiasaan Dan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Religiusitas Siswa SMK Negeri Se-Cilacap Timur

Eny, Yelsi, S. (2021). Penerapan Sistem Prodigy Math Game sebagai Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menengah Atas - Repositori Universitas Kristen Indonesia. Uki.ac.id.

Fahim, M. (2019). Metodologi Pengembangan Ilmu Pendidikan Islam Prespektif al-Qur’an Surat al-Fushilat ayat 53 Repository of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang. http://repository.uin-malang.ac.id/4720/

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). KONSEP MERDEKA BELAJAR PENDIDIKAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PROGRESIVISME. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164.

Fatwa Anbiya, B., Syarif Nurdin, E., & Syamsu Rizal, A. (2020). Filsafat Progresivisme dan Implikasinya terhadap Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai General Education di Indonesia. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 301–303`11.

Geri, I. (2020). Analisis Pembelajaran E-Learning dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme | Lisyabab. Lisyabab: Jurnal Studi Islam Dan Sosial.

Hadi, Anas, I. (2018). ANALISIS KRITIS PEMIKIRAN PENDIDIKAN PROGRESIF MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI | Hadi | INSPIRASI: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam. Inspirasi : Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam.

Hadi, S., & Bayu, Y. (2021). Membangun Kerukunan Umat Beragama melalui Model Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal pada Penguruan Tinggi. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 23–36.

Islamic spiritual entrepreneurship dalam menumbuhkan kesejahteraan masyarakat pesisir: studi pada para pengusaha di Ujungpangkah dan Panceng Kabupaten Gresik - Digilib UIN Sunan Ampel Surabaya. (2021).

Karakter, P., Dalam, S., Ditinjau, P. K., & Progresivisme, A. (2021). Pembentukan Karakter Siswa dalam Pendidikan Karakter Ditinjau dari Aliran Progresivisme. Jurnal Sosial Teknologi (SOSTECH), 1(8), 840–847.

Khoiriyah, F. (2020). PENERAPAN PEDOMAN DESAIN RPP KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 SRESEH SAMPANG

MODEL PENDEKATAN KUALITATIF: TELAAH DALAM METODE PENELITIAN ILMIAH -

Muhamad, T. (n.d.). HUBUNGAN ANTAR STRATA SOSIAL DALAM MASYARAKAT MODERN (KASUS RAMPANAN KAPA’ DALAM MASYARAKAT TANA TORAJA) - Repository Universitas Hasanuddin. 2020. Retrieved July 7, 2022, from http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/478/

Mulyati, M., & Al-Hikmah Jakarta, S. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Alim | Journal of Islamic Education, 1(2), 277–294.

Munandar. (2020). Pengantar Kurikulum - Arif Munandar - Google Buku.

Nanggala, A., & Suryadi, K. (2021). ANALISIS KONSEP KAMPUS MERDEKA DALAM PERSPEKTIF ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN PROGRESIVISME DAN PERENIALISME. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 14–26.

Octavia. (2019). Sikap Dan Kinerja Guru Profesional - Shilphy Afiattresna Octavia - Google Buku. Book.co.id.

Pasar, P. E., Terhadap, R., Wilayah, P., Magelang, K., & Tidar, U. (2021). Jurnal Paradigma Multidisipliner (JPM) Hakam Ansori . JPM, 2(2).

Putri, T. (2020). Peran guru dalam meningkatkan kreativitas siswa Kelas IV melalui implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sumberjo 2 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. http://etheses.uin-malang.ac.id/25418/

Qiftiyah, M. (2020). ANALISIS KRITIS BUKU FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 277–288.

Ruslan, R. (2018). Perspektif Aliran Filsafat Progresivisme Tentang Perkembangan Peserta Didik. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(2).

Sekawarti, E, Fauziati, E. (2021). Kurtilas dalam Perspektif Pendidikan Progresivisme | E-JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS LENTERA ARFAK. Lentera Arfak Journal.

Stkip, D., & Daya Binjai, B. (2019). EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KIRKPATRICK. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2).

Supriadi, E. (2018). Membangun Spirit Kebangsaan Kaum Muda di Tengah Fenomena Radikalisme. Jurnal Sosiologi Agama, 11(1), 1.

Syarkawi Progresivisme Najmuddin, dan. (2021). Progresivisme (Konsepsi Tentang Realita dan Pengetahuan). VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 13(2).

Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M. (2019). Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 151–160.

Victorian, A. R., Aryanti, S., Yusfi, H., Solahuddin, S., & Bayu, W. I. (2021). Perspektif Calon Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 6(1), 94–106.

Widiani, N. (2020). Progresivisme Peningkatan Mutu Pendidikan Terhadap Siswa (Analisis Sejarah Periode Pendidikan Di Indonesia) | Widiani | PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu. Pintu: Jurnal Penjaminan Mutu.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles