Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Qur’an Siswa Kelas 6 B SDIT Uswatun Hasanah Padang Jaya

Authors

  • Ray Widia Sufiyani SDIT Uswatun Hasanah Padang Jaya

Keywords:

Menghafal, Al-Quran, Metode Talaqqi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-Quran siswa kelas 6 B SDIT Uswatun Hasanah Padang Jaya. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menghafal al-Quran pada prasiklus masih terbilang rendah. Setelah penerapan metode talaqqi pada siklus 1 terdapat peningkatan kemampuan hafalan dan bacaan siswa yang cukup baik. Siswa mampu menghafalkan 3 ayat al-Quran pada setiap pertemuan. Pada siklus 2 peneliti dan guru meningkatkan jumlah yang harus dihafalkan siswa pada setiap pertemuan. 3 ayat pada siklus 1 dirubah menjadi 3 baris pada siklus 2. Berdasarkan penerapan metode talaqqi siswa mampu untuk menghafal 3 baris pada setiap pertemuan. Berdasarkan pencapaian dari setiap siklus, maka peneliti meyimpulkan bahwa penerapan metode talaqqi terhadap siswa yang memiliki masalah dalam menghafal al-Quran sangat tepat apabila guru memperhatikan kelebihan dan kekurangan metodenya. Dan apabila metode talaqqi ini terus dilaksanakan secara kontinyu maka siswa-siswa tersebut akan dapat menyelesaikan hafalan juz 30 sesuai kurikulum yang ditetapkan.

References

Abdul Mujib.(2019). Penerapan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidzul Quran Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At-Taqwa Grabag Magelang.(Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Awali, Syahrul, and Annisa Umar (2022). Pelaksanaan Pelatihan Baca Al-Quran Dengan Metode Tahsin di Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Gampong Mesjid Baro Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.1

Haq, Andri Moewashi Idharoel (2016).Peer Mentoring Membaca Al-Quran Intensif melalui Metode Talaqqi. utile: Jurnal Kependidikan 2.2

Indriyani, Fintri. (2015).Rancangan Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Multi Media untuk Siswa Tingkat Dasar pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Dta At-Taqwa.Paradigma 17.2.

Qawi, Abdul. (2017). Peningkatan prestasi belajar hafalan al-qur’an melalui metode talaqqi di mtsn gampong teungoh aceh Utara. Jurnal Ilmiah Islam Futura 16.2

Siahaan, Matdio.(2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20.2.

Suriansyah, M. A. (2020). Implementasi Metode Talaqqi dan Musyafahah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Swasta Salsa. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2)

Yandi, L., & Harianja, H. (2022). PERANCANGAN ALIKASI E-TAHSIN BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS KELOMPOK TAHSIN MASJID RAYA SENTAJO DESA KAMPUNG BARU SENTAJO). JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK), 5(1)

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles