Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Wudhu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas II SDN No.139/VII Sarkam IV Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun Tahun /2021

Authors

  • Aida Laila SDN No.139/VII Sarkam IV, Sarolangun

Keywords:

hasil belajar, problem posing

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar PAI Pada Materi Amalan Wudhu melalui Metode Demontrasi pada siswa kelas II Tahun Pelajaran 2020/2021 di SD Negeri No. 139/VII Sarkam IV dengan jumlah siswa 32 orang, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, lembar penilaian siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode Demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar PAI secara signifikan. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang terjadi yaitu dari 32 siswa. Hasil tes akhir belajar pada kondisi awal sebelum diberikan tindakan hanya mencapai nilai rata-rata 56,85 dengan ketuntasan belajar hanya sebesar 25% (5 siswa) yang sudah mencapai KKM. Pada tes akhir belajar siklus I mulai adanya peningkatan yaitu rata-rata nilai siswa 62,7 dengan ketuntasan belajar sebesar 50% (10 siswa). Ini berarti belum mencapai KKM yang sudah ditetapkan yaitu 70,00. Oleh sebab itu peneliti perlu melanjutkan siklus II dengan memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan hasil refleksi kegiatan siklus pertama. Pada siklus kedua rata-rata nilai siswa sudah mencapai 80,9, ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran siklus II sudah menunjukkan peningkatan yang sangat tajam, dimana ketuntasan belajar sudah dicapai bahkan melebihi target yang ditetapkan. Semua ini disebabkan oleh keterlibatan dan kesungguhan siswa dalam berdiskusi semakin tinggi. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama 3 siklus dan berdasarkan analisis data serta seluruh pembahasan dapat disimpulkan bahwa metode problem posing dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas II SD Negeri No. 139/VII Sarkam IV kecamatan Sarolangun Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Zaenal. 2000. Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosda Karya. Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Bahreisj, Salim. 1986. Cetakan ke 9 Tarjamah Riadhus Shalihin. Bandung: PT.

Alma‟arif.

Burhanudin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Bumi Aksara. Depdiknas.2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Djamarah, Syaiful Bahri. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Poerwardarminta.2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional Edisi III Cet 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Rifa‟i, NH. 2002. Bimbingan Ibadah. Jombang: Lintas Media Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Sabiq. 2006. Fiqh Sunah. Jakarta: Pundi Aksara.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bandung: Rineka Cipta.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press Syah, Muhaibin. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Tohirin. 2008. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zaenal, Aqib. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Irama Widya. (http://educassi.kompasiana.com.proses-da-prinsip-dalam-belajar. Diakses 19.00. tanggal 10/6/2012) (http:/id.shvoong.com/social-scienses/education/fungsi-utama-prestasi-belajar. Diakses 10.00 WIB. Tanggal 9/6/2012).

Downloads

Published

2021-11-27

Issue

Section

Articles