Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Melalui Metode Resitasi pada Siswa Kelas VI

Authors

  • Yoli Maryani Sekolah Dasar Negeri 80 Lebong

Keywords:

Peningkatan, Pembelajaran PAI, Metode Pemberian Tugas, Metode Resitasi.

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif. Namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasana kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode pemberian tugas Belajar dan Resitasi. Penelitian ini di lakukan di SDN 80 Lebong pada siswa kelas VI dengan subjek penelitian berjumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan instrument silabus, RPP, lembar kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan belajar mengajar dan tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan Pembelajaran dengan berbasis masalah memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%). Penerapan metode metode pemberian tugas belajar dan resitasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode metode pemberian tugas belajar dan resitasi sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

References

Ahyat, Nur. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam IV, no. no.1 (2017).

Bhakti, Yoga Budi. “Meningkatkan hasil belajar fisika menggunakan metode pemberian tugas terstruktur.” Jurnal Pendidikan Fisika 5, no. 2 (2017).

Irfan, M. “Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA.” Bioma 1, no. 1 (2019).

Muhammad, MH. “Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Tembilahan Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.” Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 1 (2017).

Mukhlis, Abdul. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban, 2000.

Nadifah, Ummu. “Pembelajaran Terstruktur Bengan Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IIIA Min Klagenserut Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan 5, no. 2 (2018).

Purba, Frikson Jony. “Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa.” INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) 7, no. 1 (2019).

Surti, Wayan, dan Muhammad Jailani. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 12, no. 2 (2017).

Tambak, Syahraini. “Metode Resitasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13, no. 1 (2016).

Widhiantari, Rahma. “Efektivutas Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Berbantuan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Uang dan Perbankan SMA N 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang.” Economic Education Analysis Journal 1, no. 1 (2012).

Yusfira, dan Abdul Halik. “Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Wajo.” Istiqra’ 7, no. 1 (2019).

Yusuf Aditya, Dedy. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1, no. 2 (2016).

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles