Karakter Anak Dimasa Sekolah Dasar Pada Sekolah Dasar Negeri 92 Rejang Lebong (Bentuk-Bentuk Peran Orangtua)

Authors

  • Yoni Hatifah yonicurupO@gmail.com

Keywords:

Karakter Anak, Peran Orangtua, Sekolah Dasar.

Abstract

Orang tua merupakan tempat pertama bagi seorang anak mendapatkan sosialisasi mengenai pendidikan karakter. Anak lebih banyak menghabiskan waktunya dirumah bersama orang tua, sehingga orang tua memiliki peran penyumbang terbesar pendidikan karakter pada anak. Dengan memberi pendidikan karakter pada anak sedari dini, maka dapat berguna bagi kehidupan anak kedepannya. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengkaji suatu fenomena peran orang tua dalam pembentukan karakter pada anak dengan menggunakan metode systematic literature review atau sering disebut dengan metode SLR. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dan menelaah satu persatu artikel- artikel yang sudah dikumpulkan dengan topik yang sama dan memiliki tahun terbit maksimal 10 tahun terakhir dari dibuatnya artikel ini. Artikel referensi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 artikel jurnal nasional yang didapatkan dari google scholar. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa peran orang tua menduduki peringkat paling atas dalam pendididkan karakter anak. Dikarenakan lingkungan keluarga merupakan lingkungan yang paling dekat dengan anak. Orang tua harus terus memperhatikan dan memberi bimbingan pada anak agar anak dapat memahami dan mengamalkan nilai karakter dengan baik dalam kehidupan sehari-harinya.

References

A’yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun. (2015). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13(2), 33–40. http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/2601

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 33–48. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588

Annisa, N.M., Wiliah, Ade., Rahmawati, Nia. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), (35-48). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Aumi, Muhammad. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia, 2016

Farhatilwardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja : Manners Character of Adolescence : Influence of Parental Socialization Method and Self Control. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 12(2), 114–125.

Jannah, Nur.”Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga,” Institut Agama Islam Al Falah,(2020)

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785

MS Viktor Purhanudin. (2016). Jurnal Waspada FKIP UNDARIS. Jurnal Waspada, 2(3), 12–23. Darosy Endah Hyosy Endah Hyoscyamina. “Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak,” Psikologi Undip, no.2 (Oktober 2011)

Novita, D., Amirullah, & Ruslan. (2016). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kawarganegaraan Unsyiah, 1(1), 22–30.

Prabowo,H.S., Fakhruddin, Agus., Rohman, Miftahur. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam AL-JPI, 11(2), (191-207).

Pratiwi,S.K.N. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), (83-91). https://ejournal.ihdn. ac.id/index.php/AW

Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Kamilia Siham, F. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53–63. https://doi.org/10.23887/jpss.v1i2.361

Rofiq, Ainur., & Nihayah, Ismatu. (2018). Analisis Peran Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), (31-56).

Rosikum. (2018). Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak. Jurnal Kependidikan, 6(2), (293-308). https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910

Sari, L.S., Devianti, Rika., Safitri, Nur'aini. (2018). Kelekatan Orang Tua Untuk Pembentukan Karakter Anak. Eucational Guidance and Counseling Development Jounal, 1(1).

Simanjutak, Madonna.”Perngaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak,”Universitas Negri Medan vol.1 no.1 2017

Syahroini, Sarwandi. (2017). Peranan Orang Tua dan Sekolah dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. Intelektualita, 6(1), (13-28). https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita

Wahib, Abdul. (2016). Konsep Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak. JURNAL PARADIGMA, 2(1), (1-10).

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Wati, Lisna, dan Dadang Sundawa. “Character Education Model in Family to Create Good Citizen.” Education and Humanities Research Vol. 251 (2018)

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles