Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN 65 Lebong

Authors

  • Sunartik SDN 65 Lebong

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Observasi.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas Penerapan Metode pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SDN 65 Lebong pada kelas V (Lima) dengan Materi Pelajaran yaitu Bulan Ramadhan Yang Indah. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah metode Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Problem Based Learning. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan langkah-langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan, melakukan observasi, serta melakukan refleksi. Sebagai subyeknya adalah siswa kelas V SDN 65 Lebong Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung dan hasil nilai tes. Analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hal ini didukung dengan hasil nilai rata- rata pre tes pada siklus I sebesar 65, pada siklus II sebesar 72 sedang hasil nilai rata-rata post tes siklus I sebesar 75 dan siklus II sebesar 78. Kriteria Ketuntasan Minimum pada siklus I, 66% sedang pada siklus II, 100%. Dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran PAI meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas V SDN 65 Lebong. Secara keseluruhan bahwa pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Disarankan bahwa pembelajaran model Problem Based Learning layak dikembangkan sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI.

References

Abin Syamsudin Makmun, 2002, Psikologi Kependidikan, Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Remaja Rosdakarya: Bandung.

Amir, M Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Budimansyah, D, 2003: Model Pembelajaran Berbasis Portofolio, Genesindo: Bandung.

Haryono, 2004. Konsep dan Terapan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Konteks RRG, UNNES Semarang.

Hotimah, H. 2020. Penerapan Metode Problem Based learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi 2020, VII (3): 5-11

Meier, D 2002: The Accelerated Learning Hanbook, Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan, Kaifa: Bandung

Rudiyanto. 2020. Pembelajaran Agama Yang Menarik Bagi Peserta Didik. Retrieved Oktober 17, 2021 from kemenag.go.id website https://kulonprogo.kemenag.go.id/index.php/2020/06/pembelajaran-agama-yang-menarik-bagi-peserta-didik/

Surawan, A (2020). Dinamika Dalam Belajar : Sebuah Kajian Psikologi Penelitian. Yogyakarta : K-Media.

Winarno, 1995: Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar Metode Teknik, Bandung: Strisno, Hadi, 1993: Metodologi Researh Jilid I,Yogyakarta

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles