Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa

Authors

  • Syariah SD Tenera Bengkulu Utara

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan pelajaran yang dinilai efektif dalam membentuk karakter peserta didik dalam spesifiknya adalah karakter religius. Dimana karakter religius ini memiliki pengaruh besar dalam kehidupan siswa baik dunia maupun di akhirat kelak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam pembentukan karakter religius yang berakar dari pembelajaran akidah. Pendidikan Agama Islam (PAI ) merupakan salah satu pilar pendidikan karakter yang paling utama. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika dimulai dari tertanamnya jiwa keberagaman pada anak. Oleh karena itu materi PAI disekolah menjadi salah satu penunjang pendidikan karakter. Melalui pembelajaran PAI siswa diajarkan aqidah sebagai dasar keagamaannya, diajarkan Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidupnya, diajarkan fiqih sebagai rambu-rambu hukum dalam beribadah, mengajarkan sejarah Islam sebagai sebuah keteladanan hidup dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman perilaku manusia apakah dalam kategori baik ataupun buruk. Oleh sebab itu, tujuan utama dari Pembelajaran PAI adalah pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, keberhasilan pembelajaran PAI disekolah salah satunya juga ditentukan oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat.

References

Afiah, Nur. 2018, Kontribusi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Negeri 5 Surabaya. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ainiah, Nur. 2013, “Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam”, Al – Ulum 13.1 Bali, Muhammad Musfhi EL-Iq, and Nurul Fadilah. 2019, “Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid.” Jurnal MUDARRISUNA Media Kajian Pendidikan Agam islam 9.1

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas, 2010, Kerangka Acuan Pendidikan Karakter.

Masruri, Alvin. 2019, Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tumpang Kabupaten Malang. Diss. Universitas Islam Negeri maulana Malik Ibrahim.

Permendiknas No 22 Tahun, 2006, Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Dasar dan Menengah.

Rusn, Abidin Ibnu, 1998. Pemikiran al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Rustan Efendy, Irmwaddah. 2022, Peran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter Religius Siswa, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles